3 Bentuk Penanganan Sederhana Namun Efektif Bagi Penderita Hipertensi

kesehatan Oct 13, 2016 No Comments
Penanganan Hipertensi

Penanganan Hipertensi

3 Bentuk Penanganan Sederhana Namun Efektif Bagi Penderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang juga Kita kenal dengan nama hipertensi merupakan kondisi tekanan darah di atas angka normal. Efeknya sendiri sangat berbahaya sebab bisa memicu terjadinya stroke, serangan jantung, dan juga penyakit gagal ginjal. Seseorang bisa tanpa disadari bermasalah dengan tekanan darah tinggi ini dan penyebabnya bisa dari banyak faktor. Mulai dari faktor keturunan, gaya hidup, obesitas, stres, dan faktor lainnya.

Bagaimana Mengatasi Tekanan Darah Tinggi?

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya dianjurkan untuk melakukan pengelolaan emosi dan makan. Supaya lebih jelas berikut kiat untuk mengatasinya dan bersahabat dengan aman:

1. Mengatur pola makan,
Bagi pemilik hipertensi disarankan untuk menghindari makanan tertentu yang bisa memicu kenaikan tekanan darah. Kita perlu mengurangi asupan garam, kemudian menghindari makanan dan minuman mengandung alkohol seperti pada buah durian dan nangka. Disarankan untuk memperbanyak porsi asupan makanan dengan kandungan Kalium, Magnesium, dan juga Kalsium. Jangan lupa memperbanyak asupan makanan berserat, baik buah maupun sayuran.

2. Lebih rajin dalam berolahraga,
Olahraga menjadi bagian penting untuk membantu meningkatkan kinerja jantung supaya bisa semakin normal. Olahraga secara teratur bagi penderita hipertensi bisa menjaga kestabilan tekanan darah dan dianjurkan membiasakannya. Namun, bukan berarti bisa melakukan olahraga yang ekstrim sebab bisa memicu peningkatan tekanan darah. Lebih dianjurkan memilih olahraga ringan dan bisa dilakukan secara teratur minimal 3-4 kali dalam seminggu. Kita bisa berjalan kaki selama 30-45 menit, jogging pagi, berenang, atau mengikuti senam jantung per minggu.

3. Ikuti terapi apabila memang dibutuhkan,
Kebanyakan penderita tekanan darah tinggi bermasalah dengan kontrol emosi, dan tekanan pikiran sedikit saja sudah berpengaruh hebat. Bagi yang merasa kesulitan mengontrol stres dan emosi ini bisa mengikuti terapi emosi kepada psikiater. Namun, perlu memperhitungkan biayanya sebab konsultasi kepada terapis ahli tidaklah murah. Sehingga disarankan memilih cara lebih sederhana bagi yang minim biaya, seperti belajar berpikir positif, lebih sabar, dan menghindari makanan atau obat-obatan yang bisa memicu ledakan emosi.

Baca juga: Langkah-langkah Memulai Untuk Hidup Sehat

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *