3 Cara Alami Mengatasi Masalah Insomnia yang Lebih Aman dan Sehat

kesehatan Oct 13, 2016 No Comments
Mengatasi Masalah Insomnia

Mengatasi Masalah Insomnia

3 Cara Alami Mengatasi Masalah Insomnia yang Lebih Aman dan Sehat

Pernahkah Anda mengalami insomnia? Insomnia merupakan gangguan kesehatan yang membuat penderitanya kesulitan untuk tidur. Beberapa orang dalam kondisi insomnia parah bahkan bisa tidak tidur berminggu-minggu, dan membuat kesehatan semakin memburuk. Insomnia sendiri ternyata menyerang orang dewasa dengan presentase 10%, sesuai dengan hasil penelitian oleh American College of Pysician. Kebanyakan penderita insomnia memutuskan menenggak pil tidur supaya bisa beristirahat dengan cukup.

Atasi Insomnia dengan Metode Alami

Konsumsi pil tidur terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan dan dilakukan atas dasar resep dari dokter, jadi tidak bisa sembarangan. Bagi yang frustasi dengan gangguan susah tidur ini sebenarnya ada beberapa cara alami yang aman dan mudah dilakukan untuk mengatasinya. Diantaranya:

1. Ciptakan lingkungan yang nyaman,
Kondisi sekitar bisa mempengaruhi keinginan tidur sehingga jika mengalami insomnia ada baiknya merenovasi letak perabotan di ruang tidur. Atau menciptakan suasana teduh dengan memasang lampu tidur, bisa pula menciptakan kamar yang sejuk dengan memasang kipas angin maupun AC.

2. Hindari makan sebelum jam tidur,
Mengkonsumsi makanan kecil menjelang jam tidur merupakan kebiasaan jelek yang sebaiknya dihindari dan dihilangkan. Rasa lapar di malam hari bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang terbatas jumlahnya di waktu siang ataupun saat makan malam. Sehingga tidak heran jika insomnia kerap dialami oleh mereka yang menjalankan program diet ketat dan menikmati rasa lapar setiap saat. Supaya tidak ngemil ataupun makan besar di malam hari, pastikan makan cukup kenyang di jam makan. Perlahan insomnia akan berkurang dan hilang.

3. Hindari aktivitas lain di atas tempat tidur,
Beberapa orang terbiasa makan, membaca majalah atau buku, mengecek media sosial, dan sebagainya di atas tempat tidur. Apabila menjadi kebiasaan tidak menutup kemungkinan aktivitas tersebut dilakukan di jam tidur sehingga mata sulit terpejam dan rasa kantuk musnah. Jika sudah dibiasakan insomnia akan mudah menyerang, sehingga perlu menjaga aktivitas lain selain tidur di tempat semestinya. Gunakan tempat tidur untuk tidur itu sendiri atau berbaring supaya insomnia bisa sembuh secara alami.

Baca juga: Rinso Matik Indonesia Kebanggaan Ibu Rumahan | RINSO

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *