3 Cara Menjaga Kesehatan Kuku yang Ternyata Mudah Dilakukan Sendiri

kesehatan Oct 13, 2016 No Comments
Tips Menjaga Kesehatan Kuku

Menjaga Kesehatan Kuku

3 Cara Menjaga Kesehatan Kuku yang Ternyata Mudah Dilakukan Sendiri

Kuku yang terdapat pada ujung jari kaki maupun tangan ternyata memiliki peran penting bagi kesehatan. Yakni melindungi bagian ujung jari yang memang sangat sensitif karena menjadi ujung syaraf berada. Kuku merupakan lapisan kultikula yang memiliki struktur keras sehingga bagian kulit yang lembut pada ujung jari akan selalu terlindungi. Sayangnya, kesehatan kuku ternyata seringkali diabaikan dan merasa bagian tubuh yang tidak memerlukan perhatian maupun perawatan.

Menjaga Kesehatan Kuku Sendiri

Mengingat fungsi dan peran penting dari kuku maka Kita wajib menjaga kesehatannya, dan melakukan beberapa bentuk perawatan. Perawatan yang dimaksud tidaklah perawatan ala salon, namun beberapa hal sederhana berikut:

1. Rajin membersihkan kuku,

Telapak tangan sering Kita gunakan untuk beragam aktivitas, bahkan semua aktivitas baik sederhana sampai yang kompleks. Kegiatan mencuci, menanam tanaman, dan sebagainya membuat kuku dan tangan mudah kotor. Usahakan menjaga kebersihan kuku supaya tidak menjadi sarang kuman dan terserang jamur, caranya cukup oleskan blimbing wuluh maka kuku akan bersih secara alami.

2. Hindari beban pada kuku,
Mayoritas orang membiarkan kuku tumbuh agak panjang sampai lumayan panjang, kalangan perempuan kemudian memoleskan cat kuku aneka warna. Sayangnya kuku yang panjang ini sering difungsikan sebagai alat bantu membuka sesuatu sampai kegiatan lainnya. Hal ini membuat kuku mendapatkan beban berlebihan, meskipun lumayan kuat namun bila sering dilakukan akan membuatnya rapuh. Hindari kegiatan seperti membuka tutup kaleng, mengetik dengan kuku bukannya dengan jari, dan kegiatan lain yang membuat kuku mudah patah.

3. Lakukan diet yang sehat dan seimbang,
Banyak orang merasa bermasalah dengan berat badan atau memang dianjurkan menghindari makanan dan minuman dengan kandungan zat tertentu. Sehingga memutuskan untuk melakukan diet, dan diet yang tidak sehat dengan asupan nutrisi yang kurang bisa mempengaruhi kesehatan kuku. Usahakan menjalankan diet yang sehat dan seimbang dengan memenuhi beragam nutrisi yang memang diperlukan tubuh dengan porsi ideal. Diet yang tepat akan memudahkan menjangkau berat badan ideal sekaligus tubuh sehat dan terutama kuku akan terlihat cantik karena sehat.

Baca juga: Potensi Sektor Pertanian di Indonesia Saat Ini

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *