6 Desain Kitchen Set Cantik Untuk Dapur Anda

Kebersihan Feb 19, 2018 No Comments

Dapur tak melulu menjadi daerah teritorial wanita di dalam rumah, namun pria pun berhak masuk ke dalamnya. Begitu pula mendesain dapur, perlu musyawarah bersama antara pasangan suami dan istri. Karena desain kitchen set tidak sekedar memilih warna cat atau konter yang ingin dipasang, tapi lebih dari itu. Mendesain sebuah dapur hendaknya disesuaikan antara tema serta fungsi dari dapur itu sendiri. Tak hanya terlihat rapi, dapur pun tentunya harus terasa nyaman dan cantik untuk meningkatkan semangat memasak.

 

Menentukan layout serta desain sebelum benar-benar mengerjakan dapur adalah poin penting dari pembangunan dapur. Di samping itu, Anda pun harus menentukan tema mana yang sekiranya ingin dipakai untuk dapur. Setidaknya ada beberapa tema dapur yang kerap disesuaikan dengan interior rumah, yakni:

  • Modern

Desain ini menonjolkan sisi tegas dari dapur ataupun ruangan lainnya. Pada dapur, Anda bisa menerapkan gaya modern dalam penataan serta pemilihan kitchen set. Untuk menampilkan sisi tegas sekaligus rapi, Anda bisa memilih bahan-bahan solid pada kitchen set. Kebanyakan arsitek menyarankan peralatan dapur yang terbuat dari besi, stainless steel ataupun kaca. Kaca dapat dipasang sebagai pembatas transparan antara kabinet. Sedangkan bahan stainless steel sangat cocok untuk meja dapur atau kursi tinggi yang terhubung langsung pada konter.

  • Asian

Sederhana, kata ini yang tepat untuk menggambarkan desain dapur bergaya Asian. Desain kitchen set Asian menonjolkan keselarasan antara setiap elemen di dalam dapur. Umumnya pemilihan warna pun disesuaikan dengan warna lantai maupun dinding dapur. Beberapa contoh desain menunjukkan pemakaian lantai dapur berbahan bambu dengan kitchen set berwarna senada. Aksesoris pelengkap untuk dapur pun dipilih sesederhana mungkin agar kesan terbuka dan alami jauh lebih terasa.

  • English county

Sering melihat film Inggris dengan suasana pedesaan? Anda pasti pernah melihat desain dapur pada film-film tersebut juga bukan? Cobalah untuk menirunya desain dapur tersebut di rumah Anda. Kesan cozy dan kasual akan Anda rasakan dari dapur sederhana ala masyarakat Inggris. Pemilihan warna dapur pun umumnya adalah warna-warna terang dan bersih, seperti warna putih. Tak jarang beberapa orang menempatkan keramik atau batu alam sebagai bagian teratas dari meja makan.

  • Tropical

Jatuh cinta dengan suasana pinggir laut yang tenang? Bawalah suasana alam terbuka tersebut ke dalam dapur Anda. Tak sulit untuk mewujudkan impian tersebut, cukup pilih warna terang layaknya kulit jeruk yang dikombinasikan dengan warna bambu atau kayu alami. Tambahkan pula beberapa tumbuhan asli atau lukisan alam di beberapa sisi dinding. Keramik berwarna terang pun bisa Anda aplikasikan sebagai pembatas pada kedua area kabinet, yakni kabinet bagian atas dan bawah.

  • Eclectic

Konsep dapur ini menggabungkan seluruh pernak-pernik yang sudah bertahun-tahun Anda kumpulkan. Segala sesuatu yang terlihat tidak selaras diatur sedemikian rupa hingga tampak lebih indah. Bahkan barang-barang yang bersifat konyol, unik, dan aneh dapat Anda temukan pada satu sisi dapur. Umumnya konsep ini paling banyak dipilih oleh mereka yang telah bertahun-tahun tak mendesain bagian dapur. Meskipun demikian bukan berarti gaya eclectic membiarkan kesemrawutan disana sini.

  • French

Bergaya Prancis, dapur ini terasa hangat untuk sekedar berkumpul atau mengobrol dengan orang-orang terdekat. Warna-warna alami pada sisi dinding pun menambah kesan hangat pada desain kitchen set, seperti merah, kuning dan biru. Kayu finishing pun dapat Anda gunakan sebagai furniture pendukung yang kian menonjolkan kesan alami. Ada baiknya pula memilih furniture tua sebagai sentuhan akhir dari dapur Anda.

Beckley Kassa

Leave a Reply

%d bloggers like this: