Apa Itu Perawatan Wajah dengan AHA Dan BHA?

Kecantikan Sep 22, 2016 No Comments

Seiring bertambahnya usia, permasalahan terhadap kulit wajah semakin bertambah dan menghantui. Tidak hanya wanita yang dapat mengalami permasalah wajah seperti berjerawat atau muncul keriput, namun laki-laki juga sama-sama mengalaminya. Ada banyak cara untuk menghindari kedua hal tersebut salah satunya dengan melakukan perawatan wajah yang sesuai. Sayangnya, perawatan wajah juga bukan mencakup hal yang sedikit, tetapi juga sangat banyak dan terkadang membuat bingung. Namun tenang, Anda yang ini mengatasi kedua masalah pada kulit di atas, ada dua zat yang dapat diandalkan dan sering direkomendasikan oleh para pakar kecantikan. Zat apakah itu? Ya, kedua zat tersebut memiliki singkatan AHA dan BHA. Sebenarnya kedua jenis zat ini sering kita temui dalam banyak skin care yang beredar di pasaran.

Lalu apa perbedaan dan manfaatnya? Pertama, mari cari tahu bagaimana rupa zat tersebut. AHA atau memiliki kepanjangan Alpha Hydroxy Acid adalah jenis zat asam yang dapat menyatu dan membaur dengan air. Rupa dari zat ini dapat ditemukan dari berbagai bahan alami seperti jeruk, lemon, strawberry, yoghurt, dan sebagainya. Fungsi dari zat ini dalam perawatan wajah adalah sebagai exfoliator yang bertugas membantu melepaskan sel-sel kulit mati pada kulit. AHA juga dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih, juga dapat memudarkan kerutan-kerutan halus di wajah. Tidak heran bila pengguna skin care dengan kandungan ini memiliki tampilan kulit wajah yang glowing dan cerah.

Sedangkan BHA atau Beta Hydroxy Acid merupakan jenis zat asam yang berupa Salyclic Acid. Berbeda dengan zat asam AHA, zat asam jenis ini lebih dapat membaur dan menyatu dengan minyak. Makanya sering sekali menjadi campuran dalam skin care untuk jenis kulit berminyak atau oily. Fungsi dari zat ini dalam perawatan wajah juga sama, sebagai exfoliator yang bertugas membantu melepaskan sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Tetapi BHA lebih fokus mengeluarkan sebum yang mengendap di pori-pori kulit di mana dapat menyebabkan timbulnya komedo serta jerawat.

Kedua zat asam tersebut dapat digunakan secara rutin tetapi harus memiliki jadwal dan jarak. Biasanya setiap skin care yang menggunakan kedua zat ini sebagai bahan utama akan memberi keterangan aturan cara pakai. Namun Anda harus berhati-hati bila memakai kedua zat tersebut karena sifatnya keras dan sensitif terhadap cahaya matahari. Anda wajib menggunakan pelindung berupa sunblock atau suncream ketika pagi dan siang hari. Untuk mengetahui perawatan wajah yang lebih lengkap dan tepat, Anda dapat menghubungi Konsula dengan mengunjungi situs resminya. Anda dapat berkonsultasi tentang kesehatan Anda dan keluarga termasuk kesehatan kulit wajah. Dengan lembaga ini, Anda dapat membuat janji dengan para dokter terpercaya serta mendapat banyak informasi tentang kesehatan.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *