Awas Gejala Sakit Jantung Yang Dapat Mengancam Jiwa

kesehatan Mar 15, 2016 No Comments

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sudah familiar dengan masyarakat karena penyakit jantung sering menyebabkan kematian. Penyakit jantung terjadi karena adanya gangguan pada jantung atau arteri jantung yang menyebabkan aliran darah terganggu. Gangguan tersebut secara otomatis berdampak langsung pada tubuh karena jantung adalah organ utama yang mempertahankan kehidupan. Gejala sakit jantung sebenarnya sangat banyak dan gejala awalnya merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dianggap biasa saja. Namun, jika gejala ini dibiarkan terus menerus maka akan berakibat fatal yaitu kematian yang mendadak.

Penyakit jantung merupakan penyakit komplikasi yang biasanya berawal dari diabetes, darah tinggi maupun jenis penyakit lainnya. Ada beberapa gejala sakit jantung yang harus diperhatikan dengan serius diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mudah sekali merasa lelah meskipun hanya melakukan aktivitas ringan dan sederhana karena aliran darah tidak lancar.
  • Merasa sakit atau nyeri di bagian dada. Rasa nyeri tersebut kemudian menjalar ke punggung, bahu, lengan, dan leher atau rahang.
  • Merasa pusing atau mengeluarkan keringat dingin tanpa diketahui penyebabnya.
  • Merasa mual dan bahkan muntah.
  • Merasa kesulitan dan sesak napas karena fungsi paru-paru terganggu. Sesak napas terjadi karena kapasitas jantung dalam memompa darah berkurang, darah dari paru-paru menjadi menumpuk di bilik kiri jantung. Aliran darah yang terhambat ini menyebabkan sesak napas.
  • Sering batuk yang dapat juga disertai dengan darah.

Gejala-gejala di atas merupakan gejala penyakit jantung yang harus selalu diperhatikan dengan serius. Jika Anda atau sanak saudara dan keluarga Anda mengalami satu atau lebih dari satu gejala di atas, maka Anda harus segera membawanya ke dokter untuk memastikan keadaannya dan juga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Gejala sakit jantung harus segera ditangani agar tidak berakibat fatal. Salah satunya adalah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan asupan makan Anda dengan mengonsumsi makanan rendah kalori serta rendah lemak. Anda dapat menggunakan produk dari Tropicana jika Anda merasa kesulitan untuk memperhatikan asupan makanan.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *