Berbagai Penyebab Sekaligus Makanan Penurun Darah Tinggi

kesehatan Dec 03, 2015 No Comments

Bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya memilih mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi. Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa membantu penderita hipertensi untuk bisa menikmati hidup berkualitas. Tekanan darah tinggi mudah kumat atau kambuh apabila salah dalam memilih bahan makanan tertentu. Kehati-hatian dalam memilah dan memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi kunci untuk bisa bertahan hidup.

Pengetahuan akan berbagai jenis makanan untuk menurunkan darah tinggi sangat penting, dan sama pentingnya mengetahui penyebab dari penyakit ini. Mengetahui penyebab hipertensi bisa membantu siapa saja menghindarinya sejak dini, penyebab tersebut antara lain:

1. Tubuh yang kurang banyak bergerak,

Bagi mereka yang memiliki domisili di perkotaan besar maka akan memiliki rutinitas yang menjadikan tubuh kurang bergerak. Bekerja di depan komputer yang memaksa selalu duduk dan setelah pulang langsung beristirahat tanpa berolahraga. Menyebabkan penyumbatan pembuluh darah semakin besar resikonya sehingga penyakit hipertensi lebih mudah untuk menyerang orang dengan gaya hidup demikian.

2. Terbiasa dengan pola makan yang tidak sehat,

Kurang memperhatikan jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh bisa jadi mengkonsumsi makanan pemicu hipertensi. Makanan yang kaya akan lemak, tinggi kandungan gula, dan minuman kaya alkohol bisa memicu hipertensi. Makanan yang berasal dari jenis tersebut akan memberikan efek tubuh memiliki cairan yang menumpuk. Penumpukan cairan dalam bentuk lemak, gula, dan lain sebagainya bisa memicu kenaikan tekanan darah. Pada akhirnya gangguan tekanan darah tinggi akan sulit untuk dihindari dan bisa kapan saja terancam jiwanya.

3. Adanya pemicu dari keturunan sebelumnya,

Penyakit tekanan darah tinggi juga merupakan penyakit generatif, yang bisa diturunkan kepada anak dan juga cucu. Ketika keluarga memiliki riwayat hipertensi maka sebaiknya sangat memperhatikan berat badan, makanan yang dikonsumsi, dan gaya hidup sehat lainnya. Hal ini menjadi begitu penting untuk dilakukan guna menghindari terjangkitnya penyakit hipertensi yang sulit untuk disembuhkan. Rajin berolahraga dan diimbangi dengan mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi akan sangat bermanfaat bagi pemilik keturunan hipertensi mencegah penyakit ini.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *