Cara Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Umum Nov 02, 2017 No Comments

Teknologi semakin hari semakin menguasai di berbagai jenis kegiatan manusia. Lihat saja di semua aktifitas pasti ada teknologi yang berupa gadget smartphone di tangan mereka. Bagi orang dewasa dimana smartphone tersebut berguna untuk keperluan kerja maka menjadi hal yang dapat dimaklumi, namun ketika anak-anak usia sekolah bahkan sekolah dasar telah memegang smartphone tanpa mau melepaskannya, dapat menjadi masalah yang serius sehingga perlu ditanggulangi secepatnya.

 Dampak Kecanduan Smartphone Bagi Anak-Anak

Anak-anak yang kecanduan smartphone akan mengalami kemunduran dalam berbagai hal terutama aktifitas fisik dan sosialnya. Keasyikan nya dalam bermain game menggunakan smartphone atau bersosialisasi di media sosial setiap saat menjadikannya lupa bahwa ada dunia nyata disekitarnya. Hal tersebut dapat menjadikan kepekaan sosialnya menurun dengan ciri ketika Anda memanggilnya ia tak langsung menyahut. Terlebih lagu bagi anak yang sudah kecanduan hingga menghabiskan berjam-jam waktunya untuk hanya duduk bermain gadget. Hal tersebut akan menjadikannya tidak sehat terlebih untuk organ ginjal dan jantung.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua untuk mencegah hal negatif terjadi pada anak karena gadget antara lain

  • Membatasi anak dalam memegang smartphone misalnya hanya pada akhir pekan.
  • Membatasi aplikasi yang ada pada smartphone.
  • Menggunakan tablet Wi-Fi only sehingga anak tidak dapat mendownload aplikasi sesuka mereka.
  • Bersikap tegas dalam menetapkan peraturan.
  • Menjadi contoh dengan memberi teladan yang sama.

Selain cara tersebut di atas, diharapkan para orang tua juga harus lebih aktif lagi dalam mengajak anak-anak mereka untuk bermain bersama. Mengajak anak berinteraksi dengan teman, tetangga atau keluarga lainnya juga dapat mengalihkan perhatian mereka terhadap gadget. Temukan anak Anda dengan hobi yang bermanfaat agar kegiatannya menjadi sebuah kegiatan yang positif. Anda juga harus menjadi contoh dengan cara tidak melakukan hal yang diperintahkan untuk dijauhi antara lain dengan tidak bermain gadget ketika mengajak bermain anak. Cara mengajak atau memberi edukasi terbaik adalah dengan memberi teladan sehingga peranan orang tua menjadi sangat signifikan.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *