Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci Semi Otomatis

Umum Feb 13, 2017 No Comments

Mencuci baju adalah pekerjaan yang berat, terutama jika baju yang akan dicuci dalam jumlah yang banyak dan bertumpuk. Karena itulah kini dengan kemajuan teknologi, dikenal mesin cuci yang bisa mempermudah manusia. Mesin cuci bisa mempermudah, namun cara mencuci baju secara manual sangat berbeda dengan cara mencuci baju dengan mesin cuci. Karena itulah dibutuhkan sedikit pembelajaran terkait cara memakai mesin cuci.

Mesin cuci yang ada di pasaran dapat dibagi menjadi mesin cuci biasa atau semi otomatis dengan mesin cuci otomatis. Meskipun mesin cuci otomatis memiliki kelebihan yaitu lebih praktis penggunaannya dibanding mesin cuci semi otomatis, namun harga yang jauh lebih mahal terkadang menjadi kendala sehingga tidak sedikit ibu rumah tangga dari golongan keluarga menengah ke bawah yang lebih memilih mesin cuci semi otomatis. Cara mencuci baju dengan mesin cuci semi otomatis tidak jauh berbeda dengan mesin cuci otomatis. Hanya saja tenaga yang dibutuhkan untuk mencuci baju sedikit lebih banyak daripada mesin cuci otomatis.

Tidak seperti mesin cuci otomatis yang secara otomatis akan melakukan setiap tahap dalam proses pencucian mulai dari awal hingga proses pengeringan, mencuci menggunakan mesin cuci semi otomatis mengharuskan Anda untuk memegang kendali atas setiap prosesnya. Karena itulah dalam mencuci menggunakan mesin cuci semi otomatis, Anda perlu sering mengontrol proses pencucian yang sedang berlangsung. Berikut cara mencuci baju dengan mesin cuci semi otomatis:

Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung atau bak mesin cuci bersama dengan detergen.
Isi tabung mesin cuci dengan air dengan suhu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Atur volume airnya agar sesuai dengan banyaknya baju yang akan dicuci dengan melihat buku manual mesin cuci.
Jalankan dan atur siklus pencucian. Atur siklus pencucian yang lebih lama jika baju yang dicuci berjumlah banyak.
Buang air dari tabung cucian melalui selang setelah siklus pencucian selesai.

Isi kembali tabung pencucian menggunakan air untuk menjalankan proses atau siklus pembilasan.
Setelah siklus pembilasan selesai, pakaian harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dijemur, yaitu dengan cara memindahkan pakaian dari tabung cuci ke tabung pengeringan.
Atur lamanya siklus pengeringan kemudian setelah proses pengeringan selesai baju bisa segera dijemur di tempat yang terik.

Mencuci baju menggunakan mesinn cuci semi otomatis memang membutuhkan lebih banyak tenaga dibanding cara mencuci baju dengan mesin cuci otomatis. namun, terlepas dari sisi kepraktisan sebuah mesin cuci, dalam mencuci menggunakan mesin cuci dibutuhkan detergen. Detergen yang digunakan untuk mencuci baju menggunakan mesin cuci sebaiknya detergen yang khusus digunakan untuk mesin cuci misalnya Rinso sehingga baju dapat bersih dan mesin cuci tetep awet.

Sumber : https://www.rinso.co.id/tips-mesin-cuci/cara-mencuci-baju-putih/

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *