Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami

kesehatan Nov 14, 2017 No Comments

Diabetes merupkana salah satu masalah kesehatan yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit diebetes disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih sehingga kadar gula darah meningkat dengan tajam. Penyakit ini dapat dicegah dan diatasi dengan cara sederhana yaitu :

 

1. Memiliki waktu tidur cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat cukup untuk mengembalikan stamina setelah seharian beraktifitas. Kurang tidur tidak hanya menyebabkan tubuh terlalu capek saja tetapi juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah pemicu diabetes. Usahakan Anda memiliki waktu tidur 8 jam sehari agar tubuh lebih sehat dan bugar.

2. Mengkonsumsi karbohidrat lebih sehat

Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah yaitu dengan mengkonsumsi karbohidrat lebih sehat. Karbohidrat tidak sehat terdapat dalam roti tawar putih dan nasi yang dapat memperlambat proses penyerapan glukosa.

3. Mengkonsumsi pare

Pare merupakan salah satu sayuran yang populer dengan rasa pahitnya tetapi sangat lezat jika disajikan dalam masakan. Selain lezat saat dimasak, pare ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah efektif menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung senyawa charntin yang berperan dalam menstabilkan insulin. Konsumsi pare sebagai menu harian untuk mengatasi diabetes.

4. Minum teh hijau

Teh hijau banyak dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Tingginya kandungan polifenol dalam teh hijau mampu mendukung kinerja insulin sehingga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Selain itu teh hijau juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh dari bahayanya radikal bebas. Minum teh hijau setiap hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat disukai oleh pecinta masakan pedas. Pedasnya cabai ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah selain itu tingginya kandungan vitamin C dalam cabai juga dapat mengobati masalah sariawan. Tetapi bagi penderita maag dan memiliki masalah pada sistem pencernaan maka sebaiknya kurangi konsumsi cabai karena dapat memperburuk keadaan.

Itulah beberapa cara mudah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, selain cara diatas Anda dapat menurunkan kadar gula dengan mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori yang lebih sehat.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *