Diebetes mellitus atau kencing manis merupakan

kesehatan Aug 11, 2016 No Comments
Diebetes mellitus atau kencing manis merupakan

Diebetes mellitus atau kencing manis merupakan

Inilahpedia.com – Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis adalah suatu penyakit kronis yang muncul dan meyerang tubuh secara perlahan. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat yakni pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara optimal untuk mengubah gula darah menjadi energi. Ciri ciri penyakit diabetes akan ditimbulkan jika seseorang telah benar – benar menderita penyakit diabetes tersebut.

Pola makan yang berlebih menjadikan fungsi pankreas menjadi lemah akibatnya tubuh kelebihan glukosa (hiperglikemia). Sehingga tidak dapat memproduksi atau menggunakan secara optimal hormon insulin yang mempunyai fungsi untuk mengatur gula darah. Akibat kekurangan atau tidak adanya produksi hormon insulin maka glukosa akan menumpuk dalam sirkulasi darah. Hal inilah yang menyebabkan penderita penyakit diabetes sering merasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.

Kelebihan lemak di dalam tubuh dapat mengganggu kerja normal fungsi insulin yakni hormon yang dilepaskan oleh pankreas. Hormon tersebut merupakan suatu zt utama yang bertanggung jawab dalam memperahankan kadar gula darah pada kondisi yang tepat. Insulin dapat menyebabkan gula darah berpindah ke dalam sel sehingga menghasilkan energi maupun disimoan menjadi energi cadangan. Ketika melakukan aktivitas fisik kadar gula darah bisa menurun akibat otot menggunakan glukosa sebagai energi.

Penyakit diabetes mellitus sering disebut dengan penyakit gula atau kencing manis. Mengapa demikan ? karena salah satu dari ciri ciri penyakit diabetes adalah air seni penderita diabetes memang manis sehingga dikerumuni semut. Hal ini diakibatkan karena kandungan gula dalam darah melebihi batas normal sehingga dibuang melalui air seni melalui ginjal. Penyakit diabetes merupakan penyakit degeneratif yang dapat menyebabkan komplikasi pada gangguan ginjal, fungsi  penglihatan, dan penyakit kronis lainnya. Hal tersebut menyebabkan penderita penyakit diabetes idak dapat mengkonsumsi makanan tertentu. Para penderita diabetes perlu mengurangi konsumsi karbohidrat karena karbohidrat ini dapat meningkatkan kadar gula darah lebih tinggi. Selain itu anda harus menghindari gula pasir yang dapat mengakibatkan diabetes. Akan tetapi anda tetap dapata menikmati makanan dan minuman manis dengan tropicana sebagai gula pengganti rendah kalori yang tidak akan mengganggu kesehatan anda.

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Sejak Dini

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *