Hal-hal Sepele Ini Membuat Keluarga Jadi Boros

gaya hidup Jan 28, 2016 No Comments

Mengatur keuangan rumah tangga menjadi perkara rumit pada zaman modern. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan hidup keluarga terasa semakin banyak dan memberatkan. Jika kondisi finansial Anda tidak stabil, sudah pasti kebutuhan hidup keluarga jadi semakin berat dari hari ke hari.

Sebenarnya bukan kebutuhan hidup yang membuat Anda jadi merasa terbebani, melainkan gaya hidup boros yang membuat Anda selalu merasa gagal mengatur keuangan keluarga. Beberapa hal sepele berikut adalah contoh kelalaian yang bisa membuat Anda dan keluarga jadi boros:

Sering Makan di Luar

Sesekali makan di luar untuk mencari suasana baru memang menyenangkan. Namun, lain perkara jika Anda dan keluarga makan di luar setiap beberapa hari sekali. Makan di restoran jelas membuat pengeluaran Anda jadi membengkak. Demi mencegah hal ini, biasakan keluarga untuk lebih sering menyantap makanan yang dimasak di rumah mulai sekarang. Selain hemat, kebutuhan gizi untuk seluruh anggota keluarga pun akan terpantau dengan baik. Kegiatan memasak bersama juga dapat menjadi quality time dengan keluarga.

Menggunakan Uang Tunai untuk Berbelanja

Uang tunai memang alat pembayaran yang umum digunakan masyarakat Indonesia. Namun, kemajuan zaman membuat Anda tidak harus bertransaksi dengan uang tunai. Penggunaan uang tunai berpotensi menjadikan Anda dan keluarga jadi boros. Ketika berbelanja dengan uang tunai, tidak jarang uang kembaliannya turut dibelanjakan untuk hal lain yang mungkin sebenarnya tidak terlalu penting. Jika bertransaksi dengan kartu debit atau e-money, Anda hanya perlu membayar sesuai harga barang yang dibeli. Tidak ada uang kembalian yang membuat Anda tergiur membeli barang lainnya.

Memiliki Kartu Anggota Toko Tertentu

Kartu keanggotaan di pusat perbelanjaan, merchant, atau pusat kebugaran tentunya menawarkan benefit dan potongan harga cukup menggiurkan. Padahal, adanya kartu keanggotaan tertentu malah dapat membuat Anda semakin tergiur untuk belanja demi mendapatkan benefit atau poin tertentu. Alih-alih berhemat, Anda justru harus merogoh kocek lebih sering untuk menggunakan kartu tersebut. Tentunya Anda harus cermat menyikapi mana kartu keanggotaan yang benar-benar Anda butuhkan dan kapan menggunakannya.

Gemar Berbelanja Online

Menghabiskan waktu santai sembari menelusuri situs belanja online memang asyik. Apalagi, kalau situs tersebut sedang mengadakan promosi diskon besar-besaran. Disadari atau tidak, berbelanja online bisa membuat Anda semakin boros karena harus mengeluarkan ongkos kirim. Bahkan, kadang tanpa sadar Anda tergiur membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Tentu masih banyak hal lain yang dapat membuat Anda dan keluarga menjadi boros. Latih diri Anda dan keluarga untuk lebih teliti dan mencermati setiap pengeluaran yang benar-benar dibutuhkan keluarga. Jangan sampai keluarga Anda terjebak dalam gaya hidup boros yang akan memengaruhi kestabilan kondisi finansial keluarga.

Baca Hal Lainnya tentang keuangan keluarga di Memahami Langkah Mengelola Keuangan Keluarga Yang Sejahtera

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *