Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Asuransi

kesehatan Nov 24, 2015 No Comments

Masyarakat Indonesia kini sudah semakin berwawasan dan peduli terhadap proteksi diri. Asuransi di Indonesia juga semakin beragam jenisnya sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak sulit mencari produk asuransi di Indonesia. Hal yang sulit justru menentukan asuransi mana yang proteksinya paling cocok dengan ekspektasi Anda.

Banyak orang merasa kecewa dengan produk asuransi karena tidak mampu memberikan proteksi yang diinginkan. Padahal kekecewaan tersebut justru datang dari kesalahan yang dilakukan saat memilih asuransi. Kesalahan apa saja yang patut dihindari ketika memilih produk asuransi?

Tidak Membaca Polis Asuransi dengan Teliti

Inilah hal yang sering dialami oleh sebagian besar pengguna asuransi. Tidak membaca polis asuransi dengan teliti berpotensi menimbulkan kekeliruan persepsi di kemudian hari. Polis asuransi yang harus ditandatangani memang mencakup banyak poin-poin kesepakatan. Singkirkan rasa malas Anda dan mintalah jeda waktu untuk mempelajari polis asuransi. Jangan sampai ada poin kesepakatan yang membuat Anda merasa rugi setelah memilih asuransi tersebut.

Memilih Asuransi dengan Alasan Pribadi

Seringkali Anda tidak kuasa menolak tawaran asuransi yang ditawarkan oleh sahabat, saudara, atau kenalan Anda. Padahal belum tentu produk asuransi tersebut memberikan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki asuransi yang mahal jika ternyata manfaatnya tidak mampu mencukupi kebutuhan Anda di kemudian hari.

Salah Memilih Ahli Waris

Menunjuk anak sebagai ahli waris atau proteksi asuransi mungkin bukan pilihan yang tepat. Anak yang masih berusia di bawah 21 tahun dianggap belum cakap hukum dan belum memiliki hak penuh sebagai ahli waris. Sebagai solusinya, Anda bisa menunjuk pasangan atau orangtua sebagai ahli waris. Sementara pengalihan hak waris kepada anak tetap dapat dilakukan saat anak sudah memasuki usia dewasa.

Membeli Asuransi Tambahan yang Tidak Perlu

Ada beberapa jenis penyakit yang tidak diproteksi oleh asuransi biasa. Untuk mengatasi hal ini, biasanya agen asuransi akan memberikan penjelasan mengenai asuransi tambahan. Namun, bukan berarti asuransi tambahan akan menanggung semua penyakit kronis.

Anda perlu membaca polis asuransi tambahan dengan teliti. Karena biasanya asuransi tambahan tersebut hanya akan memberikan proteksi pada penyakit kronis stadium lanjut, bukan pada penyakit di tahap awal. Tentu Anda tidak ingin mempertaruhkan kesehatan untuk mendapatkan proteksi asuransi bukan?

Teliti sebelum memilih adalah kunci utama untuk mendapatkan asuransi di Indonesia secara maksimal di masa depan. Sudahkah Anda menetapkan jenis asuransi yang akan menjadi pilihan Anda?

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *