Ini Gejala Diabetes Melitus

kesehatan Feb 17, 2016 No Comments

Penyakit kencing manis atau diabetes melitus bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat serta obesitas. Penderita diabetes melitus memiliki ketidakmampuan dalam mengendalikan glukosa atau tingkat gula yang ada dalam tubuhnya. Gejala diabetes melitus serta cara pengobatannya penting untuk diketahui sejak dini agar penderita bisa segera menyadari penyakitnya dan mendapatkan penanganan sedari awal. Diabetes sendiri merupakan suatu gangguan metabolisme yang disebabkan oleh distribusi gula dalam tubuh. Pada tubuh seseorang yang menderita diabetes, ia tak mampu memproduksi insulin secara cukup sehingga jumlah glukosa dalam darahnya berlebih. Kelebihan gula ini dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.

Sebagian dari glukosa yang ada dalam darah tersebut akan menuju ke sistem urin untuk selanjutnya dibuang. Air urin penderita diabetes ini akan mengandung gula, sehingga penyakit diabetes sering pula dikenal dengan nama kencing manis. Beberapa gejala diabetes melitus antara lain ialah sering kencing terutama di malam hari, sering sekali merasa haus, cepat lapar, berat badan menurun secara drastis dan cepat, merasa lemah serta gampang lelah, sering merasa kesemutan pada tangan serta kaki, penglihatan menjadi kabur, sering terkena infeksi, keputihan, memar serta luka lama sembuhnya, terjadi bisul, kulit terasa kering dan juga gatal-gatal.

Jika semua gejala di atas telah terasa namun tetap tidak dilakukan penanganan serius, akibat yang mungkin terjadi adalah adanya komplikasi diabetes. Beberapa komplikasi yang dapat muncul adalah kerusakan pada syaraf atau Neuropathy, kerusakan otak atau cerebrovaskular, gangguan mata atau retinopathy, penyakit jantung atau kardiovaskular, penyakit ginjal atau nefropathy, impotensi, gangguan pada pencernaan, komplikasi pada mulut yang menyebabkan gigi cepat lepas, mudah terkena infeksi serta gatal-gatal hingga luka membusuk. Salah satu cara mudah dalam mengatasi diabetes ialah menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat ini dapat ditempuh dengan mengganti konsumsi gula dengan Tropicana yang rendah kalori sehingga meminimalisir gejala diabetes melitus. Selain itu, perlu juga dilakukan olahraga secara rutin guna menghindari obesitas yang bisa berakibat pada penyakit diabetes.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *