Jenis jenis kuman yang di tangan Anda

kesehatan Feb 18, 2016 No Comments

Mencuci tangan sebelum makan adalah kebiasaan yang sangat baik karena dapat menghindarkan kita dari kuman atau bakteri penyebab penyakit. Tetapi apakah anda mengetahui jenis jenis kuman yang ada di tangan anda ketika beraktifitas sehari-hari. Jika anda belum mengetahuinya maka berikut ini adalah beberapa kuman yang ada di tangan.

  1. Bakteri Staphylococcus
    Bakteri ini adalah yang sangat sering ditemui di tangan manusia. Kebanyakan bakteri yang berjenis ini tidak berbahaya bagi manusia. Bakteri ini tinggal di atas kulit serta selaput lendir bersama organisme lainnya. Akan tetapi, bakteri ini juga ada yang berjenis patogen yang dapat membahayakan kesehatan. Beberapa penyakit yang disebabkan dari bakteri patogen berjenis ini adalah radang yang disertai dengan nanah hingga epsis yang dapat membahayakan keselamatan. Salah satu bakteri patogen dari jenis ini  dapat mengakibatkan hermolis. Itu merupakan keadaan dimana terjadi pemecehan sel-sel darah, menghasilkan enzim-enzim yang berbahaya karena dapat menyerang hingga merusak sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bakteri patogen dari jenis ini juga mengandung racun yang dapat menghancurkan jaringan tubuh. Perlu juga anda ketahui bahwa bakteri yang berjenis ini memiliki 31 spesies dari total yang ada di seluruh dunia.
  1. Bakteri Streptococci
    Terdapat jenis dari bakteri Streptococci yang dapat membuat infeksi pada permukaan kulit yang ringan hingga serius, yaitu Streptococcus pyogenes. Akan tetapi tidak hanya di kulit saja melainkan juga di bagian-bagian tubuh yang lain. Awal infeksi yang disebabkan oleh bakteri  berjenis itu adalah dari tenggorokan atau kulit. Salah satu infeksi ringan dari bakteri ini adalah radang kerongkonan atau faringitis, impetigo, selulitis, erisipelas dan masih banyak yang lainnya.
  1. Kuman Haemophilus
    Kuman atau bakteri ini dapat menyebabkan penyakit flu atau influenza. Infeksi dari penyakit ini disebarkan melalui para penderitanya ketika ia sedang bersin ataupun batuk. Akan tetapi, tangan juga dapat menjadi media penularan bakteri penyebab flu ini.

Itulah beberapa jenis jenis kuman yang ada di tangan. Oleh karena itu, anda harus membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun cuci tangan dari Lifebuoy untuk menghilangkan ataupun membunuh kuman penyebab penyakit tersebut.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *