Kadar Gula Darah Normal Orang Dewasa

kesehatan Feb 17, 2016 No Comments

Gula darah normal orang dewasa – Sumber gula atau glukosa yang masuk berasal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu didalam tubuh khususnya pada organ hati juga memproduksi glukosa yang disebut dengan glikogen. Gula yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan akan diubah menjadi energi yang akan digunakan oleh sel-sel dan jaringan-jaringan pada tubuh. Agar glukosa dapat digunakan oleh sel-sel tubuh diperlukan hormon insulin. Hormon insulin diproduksi oleh sel-sel beta yang ada didalam islets of langerhans atau pulau-pulau langerhans yang terdapat di dalam organ pankreas. Setiap ada makanan yang masuk kedalam tubuh, pankreas akan bereaksi dengan memproduksi insulin ke dalam darah untuk memproses glukosa makanan. Tanpa insulin glukosa tidak akan dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dan tubuh tidak akan memperole energi. Hal tersebut membuat seseorang akan mudah merasa kelelahan.

Bagi penderita diabetes, kadar insulin sangat kurang bahkan tidak diproduksi dalam tubuh. Akibat dari hal tersebut glukosa dalam darah tetap tinggi bahkan dapat meningkat secara teru menerus tika tidak segera mendapat pengobatan. Tubuh akan mengalami kekurangan energi atau tenaga akibat dari glukosa tidak dapat diproses oleh insulin. Tubuh akan memproduksi hormon-hormon lain seperti glukogen, adrenalin, kortisol, epinefrin dan lain-lain yang kerjannya berlawanan dengan insulin. Hormon-hormon tersebut dapat memacu organ hati yang seharusnya tempat penyimpanan pdan pengolahan glukosa menjadi tempat memproduksi gula sehingga gula darah dalam tubuh akan mengalami peningkatan.keseimbangan hormon-hormon tersebut sangat diperlukan agar batas gula darah selalu stabil.

Meskipun anda bisa menilai gula darah melalui peringatan-peringatan yang diberikan oleh tubuh. Pemeriksaan dengan menggunaka alat untuk cek gula darah harus dilakukan untuk mengetahui kadarnya secara pasti. Apabila tingkatan telah mencapai 300 mg/dl segera lakukan pengobatan ke dokter. Anda mungkin harus mengganti suntikan insulin atau obat diabetes atau dapat juga dengan mengubah pola makan. Agar kadar gula darah normal dewasa tetap stabil, anda dapat mengubah pola makan seperti mengganti konsumsi gula anda dengan tropicana yang dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula dalam darah.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *