Kiat-Kiat Mencegah Penyakit Diabetes

kesehatan Feb 10, 2016 No Comments

Kiat-Kiat Mencegah Penyakit Diabetes – Setiap penyakit dapat terjadi kepada kita dan selalu mengintai kita. Tidak terkecuali dengan penyakit diabetes. Penyakit-penyakit tersebut mempunyai gejala awal yang dapat kita kenali sedini mungkin, setiap masalah mempunyai jalan keluarnya masing-masing termasuk masalah penyakit. Sama halnya dengan penyakit diabetes, selain ada penyebab tentunya juga ada pencegahan yang dapat kita lakukan dengan serius dan tekad yang kuat. Kondisi tubuh harus dijaga jangan sampai kita mempunyai kondisi badan gemuk atau obesitas, semakin hari semakin banyak saja orang-orang di Indonesia yang terkena penyakit diabetes. Gangguan kesehatan yang lebih serius dapat tejadi akibat efek dari penyakit diabetes, ketidak mampuan jaringan tubuh dalam merespon dan tidak peka terhadap pankreas yang sudah banyak memproduksi insulin sehingga penyakit diabetes dapat terjadi dengan kadar gula dalam darah yang terus-menerus meningkat dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius lagi. Cara mencegah penyakit diabetes sejak dini harus dilakukan dan jangan anda anggap biasa, selain pergi ke dokter, anda juga bisa mengobatinya dengan cara yang alami dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk dalam hidup anda.

Kiat-Kiat Mencegah Penyakit Diabetes

Cara mencegah penyakit diabetes yang dapat dilakukan seperti di bawah ini berkhasiat untuk anda jika suatu saat nanti anda mempunyai penyakit diabetes, yaitu :

  1.         Banyak makan makanan yang mengandung serat

Makanan yang berserat tidak hanya dapat mengurangi resiko penyakit diabetes dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, tetapi dapat membuat kita kenyang lebih lama dan menurunkan resiko penyakit jantung serta membuat badan lebih ideal. Kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, umbi-umbian adalah sumber makanan yang mengandung banyak serat.

baca juga : Beberapa Gejala Kanker Mulut Rahim Menurut Futuready

  1.         Minum susu rendah lemak

Dengan mengkonsumsi susu yang mempunyai kadar lemak yang rendah dapat menurunkan resiko menumpuknya lemak dalam tubuh. Berat badan yang berlebihan dengan kadar lemak yang tinggi, beresiko membuat kadar gula darah meningkat untuk itulah kita perlu mengkonsumsi makanan yang atau minuman yang rendah lemak untuk mengantisipasi penumpukan lemak tersebut yang memicu penyakit diabetes.

  1.         Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker paru-paru yang akan berdampak pada pengembangan penyakit diabetes. Seseorang yang merokok lebih dari 20 batang setiap hari akan menignkatkan resiko penyakit diabetes daripada yang tidak merokok. Kemampuan tubuh dalam memanfaatkan insulin yang berkurang karena merokok ini penyebab penyakit diabetes terjadi pada diri anda.

Ketiga pencegahan di atas bisa anda lakukan dengan tekad dan kemauan yang kuat jika anda benar-benar ingin terhindar dari penyakit diabetes yang sewaktu-waktu dapat menyerang anda dan orang lain.

 

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *