Komplikasi Mengerikan Dari Diabetes Melitus

kesehatan Mar 18, 2016 No Comments

Penyakit diabetes melitus sekarang ini semakin terdengar gaungnya. Kadar gula darah yang tak terkontrol di dalam tubuh ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tak sehat, sesuatu yang sangat sering dilakukan manusia modern sekarang ini. Tak heran jika penyakit ini semakin meluas, walaupun telah diketahui bahwa komplikasi dari diabetes sungguhlah berat.

Apa saja komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit diabetes ini? Komplikasinya bisa meliputi jangka pendek dan jangka panjang. Berikut adalah beberapa komplikasi dari jangka pendeknya:

  • Hiperglikemia

Gula darah terlalu tinggi akan menyebabkan kerusakan di jaringan serta organ tubuh, dan akan membutuhkan penanganan khusus dari dokter dengan cepat.

  • Hipoglikemia

Ini kadar glukosa yang terlalu rendah karena penanganan diabetes berlebihan. Kondisi ini juga sama tak sehatnya dengan hiperglikemia, dan bisa berakibat buruk pada tubuh.

  • Ketoacidosis

Kekurangan insulin yang membuat tubuh sama sekali tak bisa mengolah glukosa. Sebagai akibatnya, yang diambil untuk energi adalah lemak. Padahal jika jaringan lemak diganggu, akan muncul zat keton yang merupakan racun di tubuh, membuat susah bernapas, dehidrasi, dan sakit perut.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, bisa terjadi komplikasi seperti ini:

  1. Kerusakan mata

Merusak bagian pembuluh sehingga menyebabkan glukoma, retina rusak, katarak, dan kebutaan.

  1. Kulit dan kaki

Jaringan saraf dan pembuluh darah menuju kaki menjadi rusak, mengakibatkan goresan sekecil apapun menjadi infeksi yang parah, bahkan bisa amputasi.

  1. Jantung

Karena pembuluh darah jadi menyempit, maka resiko serangan jantung lebih besar, termasuk juga dengan stroke, hipertensi, kolesterol, dan arteri rusak.

  1. Neuropathy

Saraf dan jaringan pembuluh di kaki dan tangan rusak, membuat mati rasa sehingga tak sadar jika ada luka. Infeksi kulit, kandung kemih, dan gagal ginjal rentan terjadi.

Komplikasi yang mengerikan, bukan? Karena itu, cegah agar jangan sampai diri terkena penyakit diabetes melitus. Mulailah gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan kurangi konsumsi gula. Kalau Anda ingin tetap merasakan nikmatnya manis, ganti gula biasa dengan sweetener dari Tropicana Slim. Rendah kalori, bisa digunakan untuk aneka makanan dan minuman, dan tentu saja, mencegah kemungkinan diabetes.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *