Jauhi Makanan Mie Instan & Kentang Goreng! Ini Dia Alasannya

kesehatan Jan 31, 2017 No Comments

Sekali lagi bagi pengidap darah tinggi (hipertensi) hindari hindari makanan yang mengandung natrium tinggi. Termasuk mie instan, wajib jadi pantangan darah tinggi. Diketahui bahwa Mie instan  mengandung natrium yang berasal dari garam dan bahan pengembangnya. Biasanya Bahan pengembang mie instan menggunakan natrium tripolifosfat, dengan berat mencapai 1% dari total berat mie instan per takaran saji. Natrium tidak baik selain bagi pengidap hipertensi juga berpengaruh pada penderita maag. Natrium akan menetralkan lambung. Keadaan ini akan menyebabkan asam lambung. Lambung akan menjadi perih karena terjadi pengikisan dinding lambung. Bagi penderita tekanan darah tinggi, natrium akan meningkatkan tekanan darah. Ini terjadi akibat ketidakseimbangan antara natrium dan kalium dalam darah dan jaringan. Mie instan juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita autisme. Hal ini karena kandungan gluten berbahaya bagi penderita autisme.

Sebenarnya produsen mie sudah mensiasati bagaimana menghindari dampak buruk mengkonsumsi mie. Kalau diperhatikan, dalam iklam mie, mie tidak hanya ditampilkan dipiring berupa mie saja. Tetapi dilengkapi dengan menu lain. Inilah yang menjadi pelengkap sekaligus cara menghindari dampak buruk mie. Memakan mie saja itu tidak cukup. Dengan menambahkan bahan lain sebagai sumber protein serta vitamin serta berserat tentu dapat menetralisir kandungan lemak. Tetapi memang faktanya kebanyakan orang mengkonsumsi mie instan ya hanya mie saja. Sebab biasanya seseorang mengkonsumsi mie instan dalam keadaan terdesak. Misalnya karena waktu atau untuk anak kos-kosnya bertujuan untuk sedikit menghemat. Kebiasaan semacam ini tentu tidak baik. Sekali lagi mie instan butuh pelangkap untuk dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Banyak makanan yang mejadi pantangan darah tinggi, tetapi mie instan sangat berpotensial untuk sering dikonsumsi terutama bagi anak kos. Sehingga resiko terkena darah tinggi sangat besar. anda bisa mengkonsumsi makanan dan sayuran segar serta buah-buahan segar untuk mengendalikan tekanan darah tinggi anda. Produk-produk olahan dari buah segar juga baik untuk anda. Misalnya tropicana. 100 % buah jeruk yang dikandung dalam tropicana baik untuk kesehatan tubuh anda.

Kentang Goreng Wajib Jadi Pantangan Darah Tinggi

Orang yang terkena hipertensi (tekanan darah tinggi) wajib menghindari makanan yang mengandung lemak. Salah satunya kendang goreng. Penyajian kentang goreng dalam ukuran sedang saja mampu menghasilkan 19 gram lemak dan 270 mg sodium. Meski rasa kentang goreng memang diakui banyak orang lezat, banyak yang tidak tahu bahwa ini adalah salah satu pantangan darah tinggi. Sensasi kerenyahan yang dimiliki kentang goreng serta rasa gurih mampu menimbulkan ketagian bagi penikmatnya. Namun anda perlu mewaspadai kenikmatan kentang goreng, jangan masih beranggapan karena kentang goreng sehat karena terbuat dari bahan kentang asli. Apalagi harganya juga memang murah. Sebab kentang goreng mengandung beberapa hal yang tak baik bagi tubuh, termasuk yang mengidap hipertensi.

Pertama; kentang goreng mengandung lemak jahat. Semua makanan yang digoreng biasanya memang nikmat. Tetapi bagaimanapun makanan yang goreng pasti mengandung lemak, baik lemak jenuh maupun lemak jahat. Jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya kanker. Apalagi jika kentang digoreng dengan minyak goreng biasa, alias bukan minyak bunga matahari atau minyak zaitun. Lemak yang terkandung didalamnya tentu sangat banyak. Lemak-lemak jahat tersebut akan menumpuk dalam arteri yang tidak baik untuk pengidap hipertensi. Kedua; sebagai pantangan darah tinggi kentang goreng sebenarnya mengandung karbohidrat yang cukup sederhana. Tetapi masalahnya karbohidrat ini sangat sulit diubah menjadi gula oleh tubuh. Jika tidak mampu diubah oleh tubuh karbohidrat justru menjadi lemak yangmenumpuk dalam tubuh. Terlebih kentang goreng juga mudah meningkatkan berat tubuh. Dan sudah barang tentu ini mengakibatkan potensi hipertensi. Ketiga; kentang goreng juga mengandung lemak trans. Lemak trans akan meningkatkan kolestrol buruk dalam tubuh dan kolestrol baik menjadi berkurang. Lebih-lebih lemak trans juga mampu memicu penyakit serangan jantung, kanker juga diabetes.

Beberapa alasan mengenai tidak baiknya mengkonsumsi kentang goreng bagi pengidap hipertensi diatas juga berlaku siapa saja yang ingin menjaga kesehatan. Anda mungkin bisa mensiasatinya dengan menggoreng kentang sendiri dirumah dengan minyak zaitu atau minyak bunga matahari. Anda juga bisa mengunakan tropicanaslim untuk mengurangi hipertensi anda sebab tropicanaslim terbuat dari buah segar. Tetapi tetap makanan harus dijaga. Biasakanlah hidup sehat.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *