Makanan Untuk Penderita Gula Darah Tinggi

kesehatan Feb 15, 2016 No Comments

Cara menurunkan gula darah secara alami-menjaga keseimbangan pada pola makan bagi penderita diabetes merupakan suatu tindakan yang wajib dilakukan. Selain untuk menghindari makanan yang dapat memicu naiknya kadar gula darah yang tinggi. Bagi penderita penyakit diabetes mengetahui makanan yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Dengan mengetahui jenis-jenis makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah untuk menjaga dan terhindar dari penyakit diabetes. Beberapa makanan yang dapat membantu cara menurunkan gula darah tinggi secara alami diantaranya yaitu :

Teh Hijau

Kandungan senyawa yang bermanfaat di dalam teh hijau seperti antioksidan yang dikenal dengan sebutan polifenol. Polifenol mempunyai manfaat sebagai antioksidan berkhasiat untuk melancarkan peredarab aliran darah sehingga penyaluran gula menjadi lebih merata keseluruh tubuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan teh hijau mengandung jenis polifenol bentuk lain yang disebut EGCG dan telah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Utuk menambah rasa manis didalam teh hijau, disarankan untuk menambahkan tropicana saat meminum teh hijau. Tropicana merupakan gula rendah kalori yang dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.

Pare

Buah pare yang mempunyai rasa pahit sebenarnya telah populer dikenal dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalsium yang tinggi dalam buah pare yang dapat merangsang pankreas untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak. Sehingga dapat menjaga keseimbangan gula darah.

Ikan Laut

Ikan laut yang berlemak adalah pilihan yang tepat bagi penderita diabetes yang menyukai makan ikan. Mengkonsumsi asam lemak omega-3 dikenal juga akan manfaatnya untuk menurunkan trigliserida dalam darah serta meredakan inflamasi. Hal dikarena asam lemak  omega-3 bermanfaat juga membantu melancarkan peredaran darah maka dengan tidak langsung membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Biasanya lemak omega-3 ini terdapat pada ikan salmon dan ikan tuna.

Buah Apel

Menurut penelitian buah apel menganfung zat aktif bernama kuersetin yang dapat menyeimbangkakan kadar gula didalam tubuh. Hal ini membuat seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel berisiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *