Manfaat Membaca Indeks Harga Saham

Umum Nov 06, 2017 No Comments

Sebagian besar diantara investor pemula memang senang hasil yang cepat, sehingga memilih instrumen investasi dalam bentuk saham untuk mereka. tak bisa dipungkiri bahwa investasi adalah pilihan yang paling tepat untuk menjaga harta Anda tetap dalam kondisi yang aman, di tengah keadaan ekonomi yang tak menentu. Dengan adanya investasi juga membantu Anda mengelola keuangan secara lebih tepat. Nantinya di usia tua tak lagi harus bekerja banting tulang, tinggal menikmati saja hasil dari investasi selama ini. Untuk kategori investasi saham pastinya Anda harus paham mengenai beberapa hal, salah satunya adalah Indonesia stock exchange.

Bursa saham Indonesia ini adalah bagian penting yang harus dipelajari juga dilihat update nya. Ia akan memantau kondisi saham Anda apakah mengalami pergerakan baik dalam bentuk peningkatan harga atau justru turun. Selain itu Anda juga arus selalu melihat indeks harga saham atau yang lebih dikenal dengan IHSG ini, selain stock exchange Indonesia. Lalu sebenarnya apa fungsi dari IHSG tersebut, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Penanda arah pasar, bisa dikatakan bahwa IHSG ini adalah nilai rata-rata yang merepresentasikan harga saham, kurang lebih sama dengan BEJ. Untuk melihat kondisi bursa paling mudah memang dengan melihat pergerakan yang terjadi disini.
  2. Untuk mengukur tingkat keuntungan, bermain dengan investasi memang tak akan jauh-jauh dari untung dan rugi, semuanya akan sangat diperhitungkan. Keuntungan bisa dilihat bahkan sebelum Anda menjual saham tersebut, yaitu melalui IHSG, karena nilai yang tertera sudah jelas dan bisa dihitung sendiri jika Anda memutuskan untuk menjualnya.
  3. Sebagai tolak ukur kinerja portofolio, khususnya yang memilih jenis investasi reksadana, ini nantinya bisa menjadi tambahan portofolio bagi MI atau manager investasi, bagaimana keadaan saham selama rentan waktu 5 tahun terakhir yang sudah dikelola.

Hal-hal yang harus banyak dipelajari oleh seorang investor pemula, Indonesia stock exchange atau bursa saham ini adalah bagian terkecil masih ada bagian-bagian lainnya yang harus lebih didalami agar tak salah dalam memilih produk investasi.

 

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *