Mengenal Beberapa Jenis Alat-Alat Untuk Kesehatan Yang Familiar

kesehatan Nov 20, 2015 No Comments

Ketika berkunjung ke rumah sakit atau di tempat praktek seorang dokter maka Kita akan menjumpai beberapa jenis alat kesehatan. Jenis dari peralatan medis ini memang cukup beragam, dan biasanya hanya diketahui oleh mereka yang memiliki profesi di dunia media. Meskipun begitu ada beberapa peralatan untuk kesehatan yang cukup familiar dan sering ditemui di berbagai kesempatan. Alat untuk kesehatan tersebut memang memiliki fungsi tersendiri untuk mempermudah pekerjaan dokter dan tenaga medis lainnya.

Apa Saja Jenis-Jenis Peralatan Untuk Kesehatan Tersebut?

Sebagai orang awam tentu Kita tidak memiliki kewajiban khusus menghafal dan mengetahui fungsi beberapa peralatan kesehatan tersebut. Namun bagi Anda yang akan terjun ke dunia medis maka mengenal peralatan tersebut dari awal akan sangat membantu. Berikut beberapa peralatan yang sering ditemui :

1. Sphygmomanometer

Sphygmomanometer adalah peralatan di dunia medis yang berupa alat untuk membantu mengetahui dan mengukur tekanan darah seseorang. Peralatan ini oleh hampir semua instansi kesehatan hingga dokter pribadi menyediakannya. Bentuknya berupa sebuah kotakan yang cara pemakaiannya mengikatkan kain yang terhubung dengan bagian utama ke pergelangan lengan.

2. Stethoscope

Peralatan medis satu ini juga sering dijumpai karena menjadi peralatan medis dasar yang seolah memang wajib dimiliki oleh para dokter. Fungsi utama dari stethoscope ini adalah untuk mendengar suara yang dihasilkan oleh aktivitas di dalam tubuh manusia ataupun hewan. Peralatan medis satu ini menjadi peralatan pertama yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Beberapa kondisi kesehatan yang kurang baik akan menimbulkan suara tertentu sehingga bisa diketahui apa penyebabnya dengan mudah.

3. Thermometer

Peralatan medis satu ini tidak hanya disediakan oleh para tenaga medis di tempat prakteknya namun juga bisa dijumpai di rumah-rumah. Thermometer memiliki fungsi sebagai alat pengukur suhu tubuh, untuk mengetahui suhu normal ataukah sebaliknya. Lewat penggunaan thermometer maka akan dapat dicek apakah suhu tubuh masih wajar atau tidak untuk menentukan tindakan selanjutnya. Pentingnya mengukur suhu tubuh untuk menanggulangi tubuh yang panas atau kedinginan menjadikan alat kesehatan satu ini disediakan oleh semua orang.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *