Mengenal Ciri ciri Diare dan Cara Penanganannya

kesehatan Jun 19, 2015 No Comments

Menderita penyakit diare tentu saja tidak diharapkan oleh semua orang, karena seperti penyakit lainnya, diare dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Diare dapat menyerang manusia tanpa disadarinya, karena terdapat berbagai hal dapat menjadi penyebab munculnya penyakit ini, seperti virus, keracunan makanan, serta peralatan makan dan lingkungan yang kotor. Mengenal ciri ciri diare dapat meningkatkan kewaspadaan serta dapat membantu menentukan langkah pengobatan yang tepat atas penyakit yang diderita.

Beberapa hal yang terjadi pada tubuh kita dapat menjadi ciri ciri diare, misalnya buang air besar yang sudah terlalu sering dalam satu hari, lebih dari intensitas normal sehari-hari, atau lebih dari tiga kali dalam sehari. Kotoran pada orang yang terkena diare juga cenderung lebih cair daripada biasanya. Selain itu, perut penderita diare akan selalu terasa mulas, walaupun telah buang air besar. Rasa mulas akan dirasakan seperti perut melilit, terutama pada perut bagian bawah. Kemudian, nafsu makan penderita diare akan menurun, namun rasa haus akan meningkat secara drastis dibandingkan dengan kondisi normal. Ciri ciri diare yang lebih parah ditandai dengan muntah-muntah, badan lesu atau lemas, demam atau panas pada tubuh, dan gejala diare akan semakin parah jika dalam kotoran terdapat nanah, bahkan darah.

Jika seseorang sudah mengetahui ciri ciri diare dan gejala tersebut menimpa dirinya, maka segera lakukan tindakan penanganan. Salah satu cara yang paling optimal adalah dengan memberikan obat alami, yaitu oralit dan air kelapa murni agar racun dalam tubuh dapat dikeluarkan. Ditambah juga dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat.

Sumber : http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/infection-prevention/diarrhoea diambil pada 19/06/2015

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *