Mengenal Masalah Kulit Bayi Baru Lahir

kesehatan , Umum Jun 07, 2016 No Comments

Kulit bayi baru lahir memiliki kondisi yang memang berbeda dibandingkan dengan kulit pada orang dewasa. Oleh karena itu, untuk perawatannya juga jelas berbeda jika dibandingkan dengan orang dewasa. Misalnya pada pemakaian lotion, sabun, bedak dan perawatan lain sebagainya. Dimana hal-hal tersebut harus sangat diperhatikan, terutama oleh ibu yang baru pertama kali melahirkan.

Kulit bayi yang baru lahir memang cenderung lebih tipis dan rapuh, oleh karena itu anda tidak jarang menjadi bingung bagaimana cara yang terbaik untuk memberikan perawatan kulitnya. Untuk membantu mengetahui apa saja yang sering mengganggu kulit bayi, silahkan anda simak beberapa hal berikut ini:

  1. Kulit bayi terlihat tipis dan cenderung lebih sensitif. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan jenis produk bayi yang memang khusus merawat kulitnya.
  2. Ketika baru lahir kemungkinan kulitnya memiliki bercak kecil yang berwarna kemerahan. Bercak tersebut pada umumnya menghilang dalam kurun waktu 1 tahun.
  3. Bayi juga rentan mengalami ruam. Akan tetapi apabila ruam bayi mulai terasa gatal, melepuh, hingga mengeluarkan air, dan bayi juga mengalami bintik ungu diiringi demam, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter anak.

Selain itu, masalah lain yang mungkin menyerang kulit bayi baru lahir juga bisa disebabkan oleh penggunaan detergen. Jadi, sebagai seorang ibu yang memperhatikan kesehatan kulit buah hati tercinta anda juga harus memperhatikan detergen yang anda gunakan. Jika memungkinkan, sebaiknya usahakan untuk menggunakan produk detergen khusus bayi untuk mencuci pakaian-pakaian si kecil.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *