Mengukur Berat Badan Ideal Dengan Mudah

kesehatan Feb 17, 2016 No Comments

Berat dan tinggi badan adalah faktor penting yang dapat menentukan keseimbangan tubuh yang ideal. Tapi, pada setiap orang tidak sama mengalami hal seperti ini. Meskipun ada, tetapi yang memiliki seperti ini, mereka-merekalah yang rajin dalam menjaga keseimbangan tubuh mereka agar tetap sehat.

Pada umum, setiap orang menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh atau badan yang sesuai dengan porsi dalam arti tidak gemuk dan tidak kurus, hal ini juga sama saja dengan berat badan ideal.

Tubuh ideal bisa Anda miliki apabila berat badan dan tinggi yang Anda miliki sesuai dan seimbang. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui berapa berat badan ideal yang cocok dengan tinggi badan Anda.

Caranya bagaimana?

Ya, untuk mengukur berat badan ideal dapat dilakukan lewat rumus Brocha.

Rumus perhitungan berat badan ideal ini sangatlah mudah dilakukan. Dengan mengukur berat ideal lewat rumus Brocha, maka Anda bisa mengetahui apakah tubuh Anda termasuk kategori tubuh ideal atau sebaliknya.

Mengukur berat tubuh ideal dengan rumus Brocha untuk pria dan wanita tentu berbeda. Nah, untuk mengetahuinya harus bagaimana ya? Jangan kuatir, karena dibawah ini ada penjelasannya.

Berikut ini rumus yang bisa Anda pakai untuk mengetahui berapa berat badan ideal yang seharusnya Anda punya, yaitu:

• Rumus Brocha Pria.

Berat ideal (kg) = (Tinggi badan (cm) – 100) – (10% x (Tinggi badan (cm) – 100)).

• Rumus Brocha Wanita.

Berat ideal (kg) = (Tinggi badan (cm) – 100) – (15% x (Tinggi badan (cm) – 100)).

Contohnya tinggi badan 160 cm. Untuk pria, berat badan ideal yang pas dengan tinggi 160 cm adalah 54 kg. Sedangkan untuk wanita dengan tinggi yang sama, berat badan idealnya yaitu 51 kg. Jika berat badan yang Anda miliki berada di bawah angka tersebut, maka tubuh Anda terbilang kurus sehingga perlu menambah berat badan agar sesuai dengan nilai ideal tersebut. Begitu pula sebaliknya. Jika berat badan Anda lebih dari nilai ideal, maka Anda perlu melakukan diet supaya berat badan yang Anda miliki seimbang dengan tinggi badan yang Anda punya.

Itulah cara mengukur berat badan ideal yang mudah dan bisa Anda terapkan untuk mengetahui berapa kilogram berat badan yang seharusnya Anda miliki. Jika Anda sudah tahu berapa nominal berat yang paling ideal untuk tinggi badan Anda, maka Anda bisa memastikan apakah postur tubuh Anda termasuk kategori ideal atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan upaya untuk menyesuaikan berat badan jika kategori tubuh Anda belum ideal.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *