Menjalankan Rukun Umroh Sesuai Sunnah

tips Jan 31, 2017 No Comments

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Rukun Umroh Sesuai Sunnah

Banyaknya agent atau travel yang memberikan pelayanan terhadap ibadah umroh, sebagai pengguna atau yang akan melaksanakan ibadah umroh tentunya harus berhati-hati dalam memilih travel, karena tidak sedikit travel yang nakal dan membohongi para jema’ahnya. Tetapi berbeda dengan abu tours, abu tours adalah salah satu travel yang melayani perjalanan umroh dengan pengalamannya yang sudah bertahun tahun, sehingga para jema’ah tidak mesti meragukannya. Dengan jadwal umroh yang terorganisasi baik itu makan, hotel ataupun yang lainnya dengan rukun umroh sesuai sunnah. Jadi tidak heran kalau travel ini banyak jema’ah yang mempercayainya.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan umroh, perjalanan umroh memang tidak membutuhkan waktu yang lama anatara 9-15 hari tergantung dari jadwal yang diambilnya. Untuk melaksanakan umroh tentunya harus memahami rukun umroh sesuai sunnah supaya ibadah umroh yang dilakukan sesuai dengan syari’at yang diajarkan Rasulullah Muhammad shalallahu’alaihi wassalam. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum keberangkatan umroh diantaranya :

  • Niat hanya untuk beribadah dan memenuhi panggilan Allah, lupakan niat-niat hanya untuk pamer foto umroh atau untuk mendapatkan derajat yang tinggi di masyarakat, fokuskan niat hanya untuk beribadah dengan ikhlas.
  • Persiapan fisik. Sebaiknya sebelum pergi melakukan beberapa latihan, seperti jalan sore atau jogging jika memungkinkan serta selalu menjaga kesehatan.
  • Persiapkan ilmu. Dengan membaca buku-buku atau artikel mengenai umroh dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an supaya ibadah yang dilakukan memiliki nilai yang tinggi di mata Allah.
  • Persiapkan mental. Untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti berhadapan dengan orang-orang asing ataupun tempat yang tidak terbiasa.
  • Manajemen waktu. Membiasakan dengan waktu pada saat berada di Mekkah, sebaiknya datang lebih awal sebelum sholat wajib untuk thwaf dan mencari tempat untuk sholat. Hal ini dapat dikonsultasikan pada agen penyedia travel umroh.
  • Membawa barang bawaan yang sering dibutuhkan dan jangan sampai ketinggalan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas rukun umroh sesuai sunnah akan berjalan dengan lancar dan ibadah umroh menjadi lebih khusyu.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *