Obat Alami Penurun Gula Darah Penderita Diabetes

kesehatan Nov 01, 2017 No Comments

Salah satu penyakit kronis yang begitu ditakuti oleh masyarakat adalah diabetes atau diabetes melitus. Penyakit yang satu ini terjadi dengan ditandai naiknya kadar gula darah yang berada jauh di atas normal. Kondisi gula darah yang tinggi pada penderita diabetes ini dapat dibantu untuk diturunkan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai obat herbal.

 

Beberapa langkah untuk mempebaiki kondisi kesehatan saat diabetes agar tidak terjadi sampai parah adalah dengan menurunkan kadar gula dalam darah dan penderitanya disarankan supaya mengatur pola makan sehari-hari dengan mengedepankan makanan sehat dan menjauhkan dari makanan tinggi gula ataupun lemak, kemudian lebih rajin berolahraga, menurunkan berat badan apabila penderitanya memiliki berat badan berlebih, suntik insulin sampai dengan mengkonsumsi obat. Selain mengkonsumsi obat yang telah dianjurkan oleh dokter, penderita diabetes dapat mengkonsumsi obat herbal yang berasal dari tanaman dan tentu ini secara alami.

 

Obat Alami Penurun Gula Darah Penderita Diabetes

 

Mengkonsumsi obat herbal banyak dinilai memang lebih aman dan efek sampingnya jauh lebih kecil. Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah bagi penderita diabetes agar penyakit serius yang satu ini tidak terjadi sampai parah. Beberapa diantaranya adalah kayu manis, ginseng, pare sampai dengan teh hijau.

 

Kayu manis adalah bahan alami yang pertama dapat dicoba untuk menurunkan gula darah. Menurut penelitian, terlebih kayu manis bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah puasa di penderita diabetes tipe 2 atau juga disebutnya prediabetes.

Mengkonsumsi ginseng juga dipercaya dapat secara efektif dalam menurunkan gula darah untuk penderita diabetes tipe 2. Ginseng juga berperan untuk meningkatkan kepekaan tubuh pada insulin.

Teh hijau pun tidak kalah berkhasiat untuk membantu dalam menurunkan gula darah. Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penderita diabetes, teh hijau bisa untuk menurunkan gula darah puasa serta meminimalisir tingkat insulin puasa.

Pare, sayuran yang punya rasa pahit ini ternyata juga dapat membantu untuk menurunkan gula darah karena kandungan di dalam pare yang bisa untuk memberikan insulin pada pankreas dan juga dapat bekerja untuk penyerapan sel glukosa sehingga glukosa dapat lebih diminimalkan pada penderita diabetes.

Untuk mengkonsumsi obat herbal sebagai solusi menurunkan gula darah ketika diabetes menyerang, jauh lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah penggunaan obat alami bisa menyertai pemberian obat dari dokter, atau justru dihentikan salah satunya. Karena jika tanpa panduan yang lebih tepat, hal ini bisa memberikan resiko yang kurang baik untuk kondisi diabetes.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *