Penyebab Bayi Lahir Prematur Yang Harus Diketahui Wanita Hamil

kesehatan Sep 08, 2016 No Comments

Penyebab Bayi Lahir Prematur – Apa sih prematur itu? Prematur adalah lahirnya bayi yang sebenarnya belum siap lahir, tetapi sudah keluar dari rahim Bundanya. Hal ini pasti tidak diharapkan oleh semua Bunda yang hamil. Lahirnya bayi prematur berada pada usia kandungan yang kurang 37 minggu serta memiliki berat badan hanya sekitar 2,5 kg bahkan kurang dari itu. Hal ini bisa membuat organ bayi tak berfungsi secara optimal dan mempunyai risiko yang sangat tinggi untuk mendapatkan problem kesehatan. Lantas penyebab bayi lahir prematur itu apa sih? Sebenarnya penyebabnya bisa dari faktor Bunda sendiri atau dapat juga dari beberapa faktor luar yang lainnya.

Nah, inilah spesifik penyebab bayi lahir prematur :

  • Wanita Hamil Merokok

Gaya hidup tak sehat jelas berpengaruh besar terhadap kondisi fisik Bunda yang sedang hamil. Untuk itu, wanita yang sedang hamil usahakan jangan merokok, konsumsi obat-obatan terlarang dan konsumsi alkohol. Walaupun Anda tak merokok, jika Anda berada disekeliling orang perokok maka sama saja. Jadi, usahakan Anda terhindar dari asap rokok karena asap rokok tersebut mengandung nikotin yang dapat mengurangi banyaknya asupan oksigen pada bayi.

  • Kondisi Psikologi

Apabila kondisi psikologi seorang wanita hamil buruk maka berisiko besar terjadi kelahiran prematur. Jadi Bunda harus hindari rasa cemas, stress sampai depresi agar Bunda saat hamil tidak berisiko melahirkan bayi prematur.

  • Kondisi dan Kesehatan Janin

Kondisi dan kesehatan janin juga berisiko mengakibatkan bayi lahir tak tepat waktu. Misalnya, janin Bunda kekurangan asupan gizi atau bayi sering terkena infeksi sehingga mengakibatkan bayi tak sehat dalam kandungan.

  • Riwayat Kehamilan

Wanita yang hamil dan sudah pernah alami kelahiran prematur yang sebelumnya maka sangat rentan untuk kembali melahirkan bayi prematur. Selain itu, jika wanita hamil tersebut pernah keguguran, aborsi maupun kehamilan ektopik maka risiko lahir prematur semakin besar.

Nah, untuk itu Bunda harus hindari hal-hal yang menjadi penyebab bayi lahir prematur tersebut. Dan jangan lupa untuk berikan asupan gizi dan nutrisi janin dengan konsumsi Lactamil LCT karena kandungan Lactamil LCT berpengaruh besar untuk lindungi janin bayi Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *