Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

kesehatan Feb 05, 2016 No Comments

Melakukan upaya pencegahan penyakit jantung koroner sejak dini merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, penyakit yang satu ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yang tak bisa diabaikan. Penyakit jantung koroner juga bisa mengakibatkan masalah yang serius hingga berdampak pada kematian. Itulah sebabnya berbagai cara mencegah penyakit jantung koroner yang tepat perlu diterapkan agar kondisi kesehatan senantiasa fit dan terjaga.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung koroner meningkat. Beberapa penyebab yang bisa memicu penyakit jantung koroner antara lain:

  • Gaya hidup tidak sehat, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Diabetes atau penyakit kadar gula darah tinggi.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kolesterol tinggi yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan sempit.
  • Obesitas atau berat badan yang berlebih.

Untuk mencegah penyakit jantung koroner, berbagai faktor penyebab yang disebutkan di atas juga perlu dicegah sedini mungkin sebelum terlambat. Berikut ini beberapa tips mencegah timbulnya penyakit jantung koroner yang bisa Anda terapkan mulai sekarang, yaitu:

  1. Atur pola makan sehat dengan baik dan seimbang.
  2. Pilih makanan sehat yang kaya serat, bebas lemak jahat dan rendah gula.
  3. Berhenti merokok dan jauhi kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol yang tidak sehat.
  4. Terapkan gaya hidup yang baik dengan rajib berolahraga rutin sesuai intensitas latihan yang dibutuhkan.
  5. Turunkan berat badan dengan melakukan diet sehat apabila berat badan terlalu jauh dari ukuran ideal.

Selain melakukan berbagai cara mencegah penyakit jantung koroner yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala. Periksakanlah tekanan darah, kadar gula dan kolesterol secara rutin agar resiko penyakit jantung koroner dan berbagai penyebabnya bisa dijauhi dari sekarang. Bila perlu, Anda juga bisa meminta obat rekomendasi dari dokter untuk melindungi kesehatan secara maksimal guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya yang mengancam keselamatan. Dengan begitu, kondisi kesehatan pun akan terlindung dengan baik dan senantiasa terjaga.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *