Penyebab Secara Umum Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

kesehatan Feb 05, 2016 No Comments

Penyebab Secara Umum Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 – Diabetes melitus identik dengan kadar gula dalam darah seseorang melonjang naik. Tentu anda mengetahui penyakit yang satu ini, di mana diabetes melitus merupakan penyakit jangka panjang yang sulit untuk disembuhkan secara total apalagi dalam waktu yang singkat. Sehingga bagi para penderita diabetes, anda dapat melakukan pengontrolan yang baik terhadap gula darah anda agar penyakit yang anda derita tidak memperparah kondisi kesehatan tubuh anda. Kemudian lakukan pengecekan gula darah anda secara rutin, dengan begitu kadar gula darah dalam tubuh anda akan lebih mampu untuk anda kontrol. Pada dasarnya penyakit diabetes memiliki dua jenis, diantaranya diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Kali ini saya akan bagikan sedikit informasi mengenai penyebab diabetes melitus tipe 2.

Penyebab Secara Umum Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Secara umum, penyebab dari diabetes tipe 2 terdapat kurang lebih 3 faktor, yakni:

 

Faktor keturunan atau genetika

Genetika ataupun keturunan dalam hal ini banyak menyumbangkan faktor penyebab terjadinya diabetes melitus tipe 2 yang terjadi pada seseorang. Ketika anda memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes, maka kemungkinan besar anda pun dapat terserang penyakit yang satu ini. Namun, faktor keturunan tidak secara serta merta dapat menjadi faktor penyebab karena faktor lain juga ikut berpengaruh.

baca juga : Cara menjaga kesehatan tubuh dengan buah tomat

Faktor life style atau gaya hidup

Gaya hidup yang salah juga dapat menjadi faktor penyebab, misalnya: anda lebih menyenangi mengkonsumsi makanan siap saji dibanding dengan makanan yang anda olah sendiri sehingga kegemukanlah yang terjadi. Di mana berat badan yang berlebihan atau obesitas tersebut tubuh mengandung lemak yang juga dapat memicu gula darah dalam tubuh. Kemudian kurangnya olahraga sehingga sirkulasi darah menjadi kurang lancar.

 

Faktor usia

Semakin bertambahnya usia maka resiko untuk mengidap penyakit diabetes pun semakin tinggi. Dikarenakan usia yang semakin bertambah dapat mengakibatkan kekuatan tubuh serta sistem imunitas yang semakin berkurang dan melemah. Dan pada umumnya DM tipe 2 ini kebanyakan menyerang mereka yang berumur 40 tahun ke atas.

 

Semoga bermanfaat.  

 

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *