Perbedaan Fisioterapis dengan Dokter

kesehatan Aug 23, 2016 No Comments

Istilah fisioterapis sekarang ini masih cukup banyak kurang dipahami oleh masyarakat. Masih ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa fisioterapis. Adalah yang beranggapan bahwa fisioterapis itu adalah tukang urut, lalu juga ada pula yang menganggap fisioterapis itu sama dengan dokter. Padahal tidak demikian, fisioterapis dengan dokter adalah profesi di bidang medis yang tidaklah sama. Lalu apa perbedaan fisioterapis dengan dokter ? Berikut ini ulasannya :

Pada dasarnya seorang fisioterapis merupakan seseorang yang melakukan praktik pada prinsip-prinsip terapi terapi fisik atau juga bisa disebutnya orang yang melakukan praktek perawatan metode fisioterapi. Sementara itu arti dari fisioterapi sendiri ialah bidang kesehatan yang mempunyai fokus di pasien yang mengalami gangguan kesehatan, terlebih mengarah ke gangguan pada fungsi anggota tubuh, dimana gangguan tersebut membatasi fungsi normal dari gerak anggota tubuh. Fisioterapis merupakan penyedia layanan kesehatan yang akan membantu pasien yang mengalami ganguan kesehatan seperti yang disebutkan baru saja untuk memulihkan kondisi pasien ataupun paling tidak meringankan gangguan yang ada. Cara yang dilakukan oleh seorang ahli fisioterapis untuk menanganinya ini adalah dengan merancang intevensi terapi guna meringankan keadaan yang ada. Intervensi ini sendiri yang dilakukan adalah memakai sarana fisik perawatan seperi contohnya adalah terapi secara manual, atau lewat resep dan bahkan juga bisa melalui alat-alat.

Sementara dokter sendiri ialah satu profesi yang tugasnya untuk membantu orang sakit dapat kembali pulih seperti sediakala. Seorang dokter bersekolah dalam jangka waktu yang lebih panjang, mengingat bahwa memang amanah yang dipegang oleh seorang dokter adalah memberikan kesejahteraan untuk masyarakat. Perbedaan dokter dengan fisioterapis yang pertama adalah dalam hal pendidikannya. Kemudian yang kedua adalah dokter mampunyai wewenang untuk mengeluarkan resep obat namun tidak dengan seorang fisioterapis. Kalau fisioterapis lebih mengarah ke menyediakan program untuk pengobatan pemulihan kondisi kesehatan.

Nah, bagi anda sendiri yang ingin melakukan konsultasi kesehatan mengenai gangguan-gangguan kesehatan pada anggota tubuh, pahami betul apakah anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau dengan fisioterapis. Sekarang ini sendiri juga untuk berkonsultasi bisa dengan mudah via online melalui Konsula.com yang memberikan banyak kemudahan dalam hal konsultasi kesehatan.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *