Risiko Pada Perempuan yang Hamil Bayi Kembar

kesehatan Sep 14, 2016 No Comments

Kehamilan Kembar

Seorang ibu yang sedang dalam masa kehamilan kembar tentunya akan merasakan perjuangan yang luar biasa dalam merawat janin yang dikandungnya tersebut. Namun juga perasaan bahagia juga selalu menyertainya, karena ia akan segera memiliki beberapa anak sekaligus, apalagi jika anak-anaknya kembar indentik, tentunya kebahagiaan tersebut tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Walaupun demikian, ternyata banyak sekali risiko dari jenis kehamilan tersebut.

Memang setiap masa kehamilan selalu ada risiko, namun risiko kehamilan kembar jauh lebih tinggi ketimbang kehamilan tunggal. Oleh karena itu, setiap perempuan yang sedang mengandung bayi kembar, ia harus lebih berhati-hati untuk menjaga kandungannya tersebut. Selain itu, mereka juga harus mengetahui apa saja risiko dari kehamilan bayi kembar tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa risikonya.

Risiko Pada Perempuan yang Hamil Bayi Kembar

  • Memiliki tingkat risiko keguguran yang jauh lebih tinggi ketimbang kehamilan tunggal, terutama yang mengalami pendarahan ringan pada masa awal kehamilan.
  • Pertambahan berat badan dapat mencapai maksimal 17 Kg dan minimal 13 Kg.
  • Tekanan pada perut dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati.
  • Mengalami morning sickness yang jauh lebih parah, karena kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang meningkat cukup tinggi ketika mengandung bayi kembar.
  • Memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami nyeri pada panggul dan punggung karena beban yang harus dibawa cukup besar.
  • Memiliki risiko tinggi dalam mengidap tekanan darah tinggi pada awal masa kehamilan.
  • Pada janin, terjadi proses pembagian darah yang tidak seimbang, sehingga dapat menyebabkan satunya kelebihan darah, sedangkan satunya kekurangan. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada kedua janin tersebut.

Itulah beberapa risiko dari kehamilan bayi kembar. Apabila saat ini anda ataupun terdapat orang terdekat anda sedang mengandung seorang bayi, maka jangan lupa untuk minum susu formula khusus kehamilan dari LCT Lactamil, karena memiliki rasa yang enak serta kandungan susu yang sangat baik untuk kesehatan janin.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *