Rokok adalah Penyebab Sakit Jantung

kesehatan Dec 07, 2015 No Comments

Rokok adalah Penyebab Sakit Jantung – Kebanyakan orang sering menghubungkan rokok dengan masalah pernapasan dan kanker paru-paru. Namun tahukah anda jika merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit jantung. Bahkan sekitar 20 persen penyakit jantung di Amerika disebabkan oleh rokok. Resiko seseorang terkena serangan jantung semakin meningkat seiring dengan banyaknya rokok yang dihisap. Orang yang merokok memiliki resiko 3 kali lebih besar terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Terlebih lagi jika wanita perokok yang juga menggunakan pil kb maka resiko terkena sakit jantung akan semakin lebih besar.

Rokok adalah Penyebab Sakit Jantung

Merokok tidak hanya menimbulkan kerugian bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain. Hal ini dikarenkan ketika anda merokok maka asap rokok tersebut akan menyebar dan dihirup oleh orang disekitar anda. Menurut berbagai penelitian, perokok pasif jauh lebih beresiko terkena penyakit kronis jika dibandingkan dengan perokok aktif. Menurut data terbaru, hampir 35 ribu lebih perokok pasif meninggal setiap tahunnya dikarenakan terpapar asap rokok.

baca juga : 3 Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi yang Baik Untuk Dikonsumsi

Terdapat beberapa hal yang menjadikan rokok sebagai penyebab sakit jantung. Penyebabnya tersebut adalah zat rokok yang berupa tar dan nikotin. Kandungan tar dalam rokok menyebabkan seseorang mengalami perubahan denyut nadi pada jantung. Sedangkan nikotin bisa menyebabkan terjadinya penurunan oksigen ke jantung, peningkatan pembekuan darah, dan merusak sel-sel yang melapisi pembuluh koroner pada jantung.

Setelah anda tahu bahaya merokok segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Jika anda menghentikannya maka anda akan memperoleh beberapa manfaat seperti berikut.

  1. Memperpanjang hidup anda
  2. Mengurangi resiko penyakit (termasuk serangan jantung, hipertensi, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan yang lainnya)
  3. Merasa lebih sehat dari pada sebelumnya. Setelah berhenti merokok, batuk anda akan berangsur-angsur berkurang dan stamina anda akan lebih meningkat
  4. Terlihat lebih segar. Berhenti merokok akan membantu mengurangi noda gigi, memperbaiki kulit, dan mencegah wajah keriput
  5. Meningkatkan indra pengecap dan penciuman anda

Itulah beberapa hubungan antara rokok dan sakit jantung. Jangan pernah mencoba untuk merokok, karena merokok secara tidak langsung juga akan membuat anda ketagihan. Perlu anda ingat jika rokok menjadi pemicu sakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Biasakan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Selalu konsumsi gula rendah kalori Tropicana karena bisa mencegah penyakit diabetes dan jantung yang sangat mematikan. Selain itu gula Tropicana juga menjadi gula rendah kalori terbaik di Indonesia.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *