Suasana Rindang Di Sekitar Rumah

Kebersihan Nov 11, 2016 No Comments

Suasana Rindang Di Sekitar Rumah

Kebersihan lingkungan rumah sangat berdampak pada kesehatan tubuh kita, karena kesehatan sangat erat kaitannya dengan kebersihan, bukan hanya kebersihan diri tapi juga kebersihan rumah serta lingkungannya. Rumah yang kotor cenderung menjadi tempat bersarangnya kuman bakteri penyebab penyakit, selain bakteri dapat juga memicu timbulnya cacing protozoa serta virus.

Mengingat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan rumah, maka segala kegiatan membersihkan dan merawat rumah harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua anggota keluarga. Bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu atau pembantu rumah tangga saja. Jika setiap anggota keluarga dapat bekerja bersama-sama untuk membersihkan rumah, maka kebiasaan baik tersebut harus juga diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Karena tidak nyaman rasanya melihat rumah yang sudah bersih dan terawat, namun pemandangan di sekitar rumahnya masih kumuh dan jorok.

Oleh karena itu, agar tercipta suasana perumahan atau perkampungan yang bersih dan asri, diperlukan kesadaran yang tinggi dari setiap warganya. Jika dikerjakan secara bersama-sama, maka segala pekerjaan itu akan terasa ringan dan cepat selesai. Hal ini bissa dimulai dengan langkah-langkah sederhana, misalnya :

1. Melaksanakan jadwal kerja bakti secara rutin, misalnya kegiatan jum’at bersih (jumsih)
2. Membuang sampah hanya pada tempat-tempat pembuangan sampah yang telah disediaka, serta membakarnya setiap hari agar sampah di penampungan tidak menumpuk
3. Menyiangi rumput liar yang tumbuh di jalanan, agar jalan senantiasa rapi dan bersih
4. Menanam tanaman hijau di sekitar rumah dan jalan rumah, agar menambah suasana perumahan yang bukan hanya bersih tapi juga rindang

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *