Tetap Sehat Sambil Wisata Kuliner? Bisa Saja!

kesehatan May 12, 2016 No Comments

Ketika bepergian, hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah wisata kuliner. Mencicipi makanan khas dari daerah-daerah yang Anda kunjungi, melihat bagaimana makanan tersebut dibuat, dan membawanya pulang untuk oleh-oleh adalah hal yang patut untuk dilakukan. Namun ingatlah, Anda harus tetap menjaga kesehatan Anda di saat wisata kuliner ini, agar bisa tetap melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Berlibur bisa membuat Anda terlena karena situasi yang sama sekali berbeda dengan rutinitas sehari-hari, membuat Anda mengabaikan kebersihan dan juga kesehatan makanan yang disantap. Akibatnya, di saat seharusnya Anda senang-senang berlibur, bisa saja Anda mengalami sakit perut atau diare, darah tinggi kumat, maupun kolesterol berulah. Kalau sudah begini, Anda tentu tak bisa menikmati liburan Anda lagi.

Supaya Anda bisa tetap menyantap berbagai kuliner di tempat-tempat wisata dan tetap sehat, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Cari referensi

Carilah referensi kuliner khas dari daerah tersebut sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai dasar untuk menjaga diet Anda, seperti mengurangi porsi makan pada kuliner yang terkenal manis, menjaga porsi makan untuk kuliner yang asin, dll.

  1. Kebersihan itu mutlak

Tempat memasak yang bersih, higienis, dan lengkap akan membuat Anda sebagai turis bisa melanjutkan liburan dengan nyaman tanpa harus khawatir sakit perut.

  1. Jam makan harus diperhatikan

Anda harus tahu bahwa pencernaan makanan di tubuh lebih efektif di siang hari daripada malam. Alasan ini menjadi alasan kuat untuk menjaga kuliner yang masuk ke dalam tubuh saat jalan-jalan malam.

  1. Minum air putih di sela-sela

Sehabis dan sebelum makan, minumlah air putih untuk menjaga cairan di tubuh dan membersihkan badan dari kandungan zat beracun.

Melihat bahan yang menjadi pembuatan kuliner khas juga menjadi hal wajib, sehingga Anda tahu persis apa yang dimakan, dan gizi apa yang masih kurang. Keseimbangan gizi Anda pun terjaga, sambil terus makan kuliner khas di tiap daerah. Perhatikan selalu kondisi Anda sendiri, terutama di perut, dan segera atasi ketika Anda merasakan hal yang aneh.

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *