Tips Dalam Melakukan Diet Rendah Garam

gaya hidup , tips Aug 26, 2016 No Comments
diet rendah garam

Tips Dalam Melakukan Diet Rendah Garam

Inilahpedia.com – Penyedap rasa yang banyak terkandung dalam makanan adalah garam, dimana biasanya jika makanan tidak diberi bumbu garam maka akan terasa hambar. Namun, konsumsi garam dengan jumlah yang terlalu berlebihan ternyata bisa memicu berbagai penyakit. Tak heran, orang-orang yang peduli akan kesehatan kemudian melakukan diet rendah garam agar terhindar dari penyakit. Salah satu jenis penyakit yang muncul akibat konsumsi garam dengan kadar yang terlalu berlebihan adalah penyakit hipertensi atau lebih dikenal dengan hipertensi.

Mengapa konsumsi garam perlu dibatasi? Alasan yang pertama adalah karena ada beberapa jenis makanan yang secara alami sudah mengandung garam. Alasan berikutnya adalah garam memiliki unsur kimia natrium yang bisa mengikat cairan pada tubuh dan mengakibatkan penimbunan lemak, sehingga menyebabkan berat badan yang terus mengalami kenaikan hingga mengalami obesitas. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya untuk melakukan diet rendah garam. Anda tertarik untuk melakukan diet satu ini? Untuk menyempurnakan diet tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips tersebut diantaranya adalah:

  • Mulailah singkirkan garam di dapur. Jika hal ini terlalu berat untuk dilakukan, anda bisa memulainya dengan mengurangi takaran garam pada makanan yang dimasak.
  • Makanan tanpa garam tentunya akan terasa hambar, sehingga bisa mengurangi selera makan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengganti garam dengan penyedap makanan lainnya seperti bubuk bawang putih, bawang goreng, merica, atau bubuk cabai.
  • Makanan cemilan seperti keripik singkong, dan jenis camilan lainnya biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Untuk itu sebaiknya hentikan biasaan mengemil anda, atau anda juga bisa menggantinya dengan ngemil makanan sehat seperti ngemil kacang almond, buah, dan lain-lain.
  • Hindari mengkonsumsi makanan kalengan. Produk olahan dalam makanan kalengan yang banyak ditemui di supermarket biasanya memiliki kandungan garam yang berkali lipat lebih tinggi, dimana hal ini dilakukan agar makanan kaleng menjadi lebih awet. Namun hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan, sehingga akan lebih baik jika anda tidak mengkonsumsi makanan instan dalam kaleng.
  • Perbanyak konsumsi makanan sehat. Sayur dan buah menjadi makanan yang wajib dikonsumsi ketika anda sedang melakukan diet rendah garam

Itulah beberapa tips bagi anda yang akan melakukan diet mengurangi kadar garam dalam tubuh. Yang paling penting dalam melakukan diet satu ini adalah konsisten dan disiplin dalam menerapkan pola makan yang sehat. Misalnya dengan mengkonsumsi produk rendah kalori Tropicana yang cocok untuk mendampingi diet anda. Dalam melakukan diet ini pasti ada banyak godaan yang hadir, seperti godaan makanan yang terlihat lezat namun ternyata kurang sehat. Cobalah untuk selalu menekankan pada pentingnya menjaga kesehatan tubuh sendiri saat melakukan diet rendah garam, sehingga godaan apapun yang muncul tentunya bisa dihindari.

Baca juga: Cara Mengatasi Kolesterol Secara Cepat Terbukti Ampuh

 

Beckley Kassa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *