Inilah Tips Memilih Permainan Edukasi Anak

tips , Umum Feb 11, 2019 No Comments

Inilah Tips Memilih Permainan Edukasi Anak

Belajar di lingkungan sekitar merupakan tugas yang terpenting bagi anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Metode belajar secara mandiri dari berbagai sesuatu hal adalah suatu kewajiban bagi anak tersebut dan juga merupakan edukasi bagi anak. Oleh sebab itu, maka berbagai tips untuk mendidik anak peran orang tua harus ikut aktif dalam menyediakan permainan bagi anak yang mendidik.

Terlintas ada pemikiran bahwa membiarkan anak main secara mandiri membuat pakaiannya mudah kotor. Pada proses tumbuh kembang anak lebih penting dibanding susah payahnya orang tua dalam mencuci pakaian si buah hati.

Tips Mengetahui Permainan bagi Anak

Di dalam pemberian permainan edukasi bagi anak tentu tidak sembarangan, selain meperhatikan bagian manfaatnya dari mainan tersebut, di sini ada beberapa yang perlu diperhatian, diantaranya:

  1. Sesuaikan usia pada si buah hati, orang tua bisa melihat pada keterangan umur seperti “for 8-10 month “ dari mainan tersebut.
    Usia perkembangan berbeda dengan usianya. Maka, jika usia masih di bawah 1 tahun bisa memberi permainan yang bisa merancang fungsi panca – indra. Contoh permainan yang bisa merangsang tumbuh kembang pada otak seperti bermain puzzle.
  2. Carilah bahan yang berkualitas.
    Mayoritas tidak semua bahan permainan yang edukatif mempunyai bahan yang berkualitas terbaik, carilah label pada mainan tersebut dengan menemukan tanda “aman untuk anak” jika mainan tersebut menggunakan
    pewarna, perhatikan agar tidak luntur, terlebih bagi balita yang sering memasukan mainan pada mulutnya.
    Pada setiap anak memiliki minat yang tidak sama, dan sering berbeda-beda. Lihatlah kesukaan dari anak tersebut ketika sedang bermain sehari-hari. Disaat mengetahui kegemaran mainan dari anak tersebut, orang tua dapat

Beberapa Inspirasi Permainan Edukasi bagi Anak

ada proses pertumbuhan kembang anak, tidak semua permainan mampu memberikan kepada buah hati sebuah pengetahuan. Maka, harus jeli ketika memilihpermainan yang beredukasi bagi anak. Untuk mencari inspirasi, simak cara memilih permainan anak yang bisa mendidik dan tepat bagi si buah hati.

  1. Boneka
    Tidak sadar sebagian orang tua bahwa boneka termasuk mainan yang bisa mengedukasi bagi si buah hati. Bentuk boneka yang seperti manusia bisa mengenalkan berupa bagian-bagian tubuh tersebut. Mayoritas, boneka dimainkan oleh anak perempuan.
    Sejak usia dini, naluri keibu-ibuan sudah muncul, ketika si buah hati membawa boneka maka secara otomatis membawa boneka tersebut kemana-mana, belajar cara merawatnya, sehingga menjadi keasyikan tersendiri bagi si buah hati tersebut dan bisa membantu dalam menumbuhkan skill kehidupan.
  2. Puzzle
    Ada permainan yang dapat membantu dan mengasah otak, sebenarnya ini sudah lama ada yaitu mainan puzzle. Kesulitan dan tantangan pada permainan puzzle membuat si anak berfikir secara aktif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ketelitian dan keseriusan modal untuk menyelesaikan puzzle guna melihat hasil akhirnya.
    Tingkat kesulitan pada permainan puzzle tergantung jumlah banyaknya ukuran potongan tersebut. Semakin banyak maka semakin sulit. Maka, perhatikan sebagai orang tua untuk mencari tingkat kesulitan sesuai usia si
    buah hati. Pastikan mencari gambar yang sesuai dengan minat kesukaan, agar semakin bersemangat dalam menyelesaikannya.
  3. Balok
    Balok merupakan permainan yang masuk dalam katagori building blocks atau membangun sebuah bangunan. Dengan permainan edukasi anak ini, si buah hati bisa mengekspersikan kreativitas serta sensor motorik halusnya. Ia akan belajar tentang warna, ukuran, bahkan fungsi pada benda yang dibuatnya.

Beckley Kassa

Leave a Reply

%d bloggers like this: