Pengurusan Izin Investasi Lebih Mudah Melalui Portal Online NSWI

Investasi Aug 07, 2018 No Comments

Seiring dengan perkembangan teknologi, pemerintah melalui badan-badannya membuat palayanan publik berbasis elektronik yang memungkinkan pelayanan publik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satu bentuk pelayanan elektronik ini adalah adanya portal NSWI dari Badan Koordinasi Penanaman Modal yang dibuat untuk menyediakn pelayanan pengurusan izin usaha di bidang penanaman modal.

Portal ini termasuk dalam SPIPISE atau Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi berbasis Elektronik. Dengan adanya portal elektronik ini masyarakat dapat mengakses informasi ddan mengajukan perizinan dengan lebih mudah tanpa harus langsung mendatangi kantor pemerintahan.

Anda bisa menggunakan portal resmi ini untuk mempermudah pengurusan izin jika Anda sudah terdaftar secara resmi dan memiliki akun untuk akses ke www.nswi.bkpm.go.id.

Adapun tahapan yang perlu dilakukan untuk dapat menggunakan portal NSWI untuk pengurusan usaha ini adalah :

  • Melakukan registrasi untuk mendapatkan username dan password

Anda perlu melakukan registrasi agar dapat mengakses layanan online dari NSWI ini caranya dalah dengan mendaftarkan data perusahaan serta data personal yang nantinya akan dijadikan dasar dalam pengurusan perizinan penanaman modal. Anda yang merupakan calon investor perlu mengisi kolom data berupa identitas perusahaan dan identitas pemegang kuasa.

  • Menunggu permohonan disetujui

Data yang sudah diisi lengkap akan dikirim oleh sistem dan akan diverifikasi. Pastikan Anda mengisi seluruh data dengan benar dan mengunggah berkas-berkas yang diperlukan sesuai dengan ketentuan.

  • Mendapatkan username dan password untuk login

Apabila seluruh persyaratan dan data sudah sesuai permohonan pendaftaran Anda diterima, selanjutnya Anda akan memperoleh username dan password yang dapat digunakan untuk login para portal. Ingat dengan baik username dan password ini agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam proses login ke depannya.

Setelah Anda mendapatkan username dan password untuk login ini Anda dapat memanfaatkan layanan elektronik untuk pengurusan perizinan usaha penanaman modal Anda. Investor yang sudah memiliki akun di portal NSWi ini dapat mengunakan layanan berupa pengajuan hak akses, permohonan izin IU/IP serta memberikan pelaporan perkembangan investasi yang Anda lakukan di Indonesia. Bagi pengguna portal yang berupa instansi pemerintah, di portal ini instansi dapat melakukan pengelolaan data yang terkait dengan SPIPISE.

Penggunaan portal perizinan investasi ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat diantaranya  :

  • Proses yang transparan dan bebas pungli

Mengurus perizinan secara online ini dapat Anda lakukan sendiri ataupun dengan bantuan pihak lain yang Anda percaya. Pengurusan dengan sistem ini juga mengurangi adanya kemungkinan pungutan liar yang terkadang dilakukan oleh oknum pegawai pelayanan publik yang kurang bertanggung jawab.

  • Proses pengurusan lebih cepat

Pengurusan perizinan investasi melalui portal online membutuhkan waktu yang lebih singkat karena proses pengiriman data dilakukan secara otomatis oleh sistem.

  • Prosedur tidak rumit dan membingungkan

Jika pengurusan manual memiliki prosedur yang cukup rumit dan tidak jarang membuat Anda harus mondar-mandir dari satu kantor ke kantor yang lain, dengan portal online ini Anda dapat melakukan semua tahapan hanya dari depan komputer.

  • Dapat dilakukan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor

Cara pengurusan perizinan secara online ini dapat pula menghemat biaya dan tenaga karena Anda tidak perlu datang langsung ke kantor instansi yang bersangkutan.

Portal NSWI di bawah naungan BKPM Republik Indonesia ini memang memberikan pembaharuan di dalam pelayanan publik terkait perizinan investasi. Para investor dapat mengurus birokrasi dengan lebih mudah, cepat dan transparan.

Beckley Kassa

Leave a Reply

%d bloggers like this: